10 Tempat Wisata Keliling Jakarta

Punya waktu libur banyak di momen Lebaran tapi ga punya kampung halaman? Atau malah ga bisa pulang karena harga tiket mudik mahal? Jangan khawatir, karena kita bisa kok menghabiskan waktu liburan lebaran keliling Jakarta. Dijamin liburan ga hanya ke mall aja, tapi juga bisa nikmatin segarnya udara bebas polusi kendaraan dan kemacetan *soalnya Jakarta lagi sepiiiii banget kalau pas Lebaran.

Cindiltravel punya list tempat-tempat wisata atau tempat habisin waktu libur lebaran di area Jakarta dan sekitarnya! Berikut listnya :

1. Monas atau Monumen Nasional

Tempat ini berada di pusat kota Jakarta, bisa dikatakan ini alun-alunnya kota Jakarta. Perbedaannya Monas atau Monumen Naisonal ini memiliki tugu setinggi 132 meter dengan topping fenomenal yang konon katanya adalah emas! Wow *__* Nah, di area ini selain kita bisa naik ke lantai paling tinggi monumen dan melihat Jakarta dari ketinggian, kita juga bisa piknik di bawah rindangnya pohon-pohon di area Monas. Untuk masuk area monas itu gratis!

Lokasi : Jl. Pelataran Merdeka, Jakarta Pusat
Jam Buka :07.00 – 00.00 WIB

cindiltravel monas

berfoto bersama Doraemon berlatar belakang Monas

2. Museum Bank Indonesia

Memasuki area gedung dengan arsitektur kolonial Belanda ini seperti memutar waktu kita melewati masa penjajahan Belanda hingga Jepang. Belum lagi isi koleksi berupa barang-barang serta mata uang Indonesia dan segala penjuru dunia. Rasanya seperti belajar sejarah!

Lokasi : Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat
Jam Buka : Selasa-Kamis: 8:30-14:30 WIB, Jumat: 8:30-11:00 WIB, Sabtu-Minggu: 09:00-16:00 WIB, Tutup Senin dan Hari Libur Nasional

cindiltravel museum bank indonesia

sejarah perjalanan mata uang Indonesia

3. Museum Wayang

Wayang merupakan seni pertunjukan Indonesia yang menceritakan tentang pesan cerita dari Mahabharata yang kemudian menjadi sarana menyebarkan agama Hindu, Islam, Kristen di Indonesia. Koleksi wayang yang tersedia di museum ini tidak hanya dari Indonesia tetapi juga koleksi dari seluruh dunia.

Lokasi : Jl. Pintu Besar Utara No.27, Jakarta Barat
Jam Buka : Selasa-Kamis: 09:00-15:00 WIB, Jumat: 09:00-14:30 WIB, Sabtu: 09:00-12:30 WIB, Minggu: 09:00-15:00 WIB, Senin, Hari Besar: Tutup

cindiltravel museum wayang

teman-temannya Unyil ada di Museum Wayang

4. Museum Fatahillah

Pada mulanya merupakan Balai Kota Batavia VOC dimana tempat gubernur bekerja. Bangunan ini dilengkapi dengan ruang tahanan pada bagian bawah bangunan. Di dalam gedung ini dapat ditemui perjalanan sejarah Jakarta, prasasti peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran. Yang paling aku suka dari museum ini adalah koleksi mebel antik perpaduan dari gaya Eropa, China, dan Indonesia 😍😍😍.

Lokasi : Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat
Jam Buka : Selasa-Minggu, 09.00-15.00 WIB

cindiltravel museum fatahillah

piknik di halaman Museum Fatahillah

5. Kota Tua

Jaman dahulu merupakan wilayah kecil di Jakarta yang memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka) dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia). Semakin ke sini, area Kota Tua identik dengan lapangan luas yang terletak di depan Museum Fatahillah. Disinilah semua aktivitas masyarakat Jakarta tumpah ruah mulai dari sekedar mengobrol bersama teman, naik sepeda, jajan atau berfoto bersama mannequin hidup.

Lokasi : Jalan Taman Fatahillah No.1, Jakarta Barat
Jam Buka : 24 jam

cindiltravel kota tua

ramainya Kota Tua

6. Ancol

Sebuah kawasan bermain dan edukasi yang cukup lengkap di Jakarta adalah Ancol yang menawarkan berbagai macam wahana permainan mulai dari wahana air, edukasi, permainan, kuliner hingga olah raga. Jika ingin bersantai cukup duduk di pinggir pantai menikmati sunrise atau sunset dari tepi Jakarta.

Alamat : Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol,
https://www.ancol.com

cindiltravel  ancol

menunggu sunrise di dermaga Ancol

7. Pulau Seribu

Siapa bilang Jakarta tidak punya pantai dengan laut berwarna biru tosca nan indah? Cukup menyeberang ke kawasan Pulau Seribu dengan kapal murah meriah dari Kali Adem atau dengan kapal predator dari Ancol maka kita bisa menjelajah kepulauan seribu seperti Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Pamuka, Pulau Puteri, Pulau Bidadari, Pulau Sepa, Pulau Bidadari, Pulau Macan, Pulau H, dan pulau lainnya. Tinggal pilih mau kelas backpacker atau kelas resort.Kegiatan yang dilakukan bisa menjelajah pulau dengan sepeda, eko wisata melepas tukik atau menanam bakau di hutan mangrove, snorkeling hingga diving.

cindiltravel pulau seribu

serunya snorkeling di Pulau Tikus

8. Wahana Air

Melepas 1 bulan puasa dengan berenang sepuasnya seperti menemukan air di padang gurun! Apalagi bisa ditambah dengan berbagai mainan yang memacu adrenalin. Banyak wahana air dan permainan di Jakarta dan sekitarnya seperti Waterboom di Pantai Indah Kapuk, Cikarang, Ocean ParkΒ  di Ancol, Snowbay di Taman Mini, Jungle di Bogor.

cindiltravel wahana air

main air sampe puas di The Jungle

9. Taman di Bogor

Mau ngerasain piknik tanpa perlu ke luar kota yang jauh dengan hawa sejuk? Pilihan paling dekat adalah kota Bogor. Kota yang memiliki panggilan Kota Hujan ini memiliki segudang taman di sana sini dan dekat statiun commuter line Bogor. Jangan lupa bawa alas untuk piknikmu!

cindiltravel bogor

memandangi hijaunya padang rumput

10. Wisata Kuliner di Bogor

Puas piknik di Taman area Bogor, maka tak ada salahnya keliling kota Bogor dan mencoba kuliner yang berhamburan di pinggir jalan. Seperti Jalan Suryakencana sebuah kawasan pecinan tua penuh dengan makanan menggiurkan mulai dari kelas restoran sampai kaki lima menarik untuk dicoba!

cindiltravel sepan makanan bogor

Sepan makanan jaman dulu asli Bogor terbuat dari singkong dan gula merah

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya seperti Kebun Binatang Ragunan, Waduk Ria Rio, Waduk Pluit, Setu Babakan, dan lain sebagainya. Jangan lupa sesuaikan tujuan wisatamu dengan waktu dan budgetmu. Satu hal lagi, cobain deh rasanya naik bus wisata Jakarta yang diberikan secara gratis *duduk di dek 2 ya. Pastinya seperti mengingat jaman dulu saat bus pertama kali beroperasi di Jakarta.

Jadi, mau kemana liburanmu di Jakarta?

One thought on “10 Tempat Wisata Keliling Jakarta

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *