Trip Jkt – Yogya – Solo – Magelang PP dengan 500ribu

Yogyakarta sebagai salah satu kota favorit untuk dikunjungi olehku.
Yogyakarta memiliki arti tersendiri bagiku karena sebagian masa remaja sampai dengan kuliah, saku habiskan di Yogya.
Aku cukup mengenal seluk beluk kota dan makanan-makanan enak (menurutku) di Yogya karena sejak aku sekolah saya selalu senang jalan-jalan dan makan-makan 🙂

Aku dan sahabat-sahabat di kantor sering mengadakan liburan bersama, mulai dari sekedar jalan-jalan ke Bogor atau liburan ke Pulau.
Tahun lalu kami liburan bersama ke Pulau Tidung yang kemudian membuat saya menyukai snorkling walaupun ga bisa berenang sama sekali 🙂

Tahun 2011 ini teman kantorku berencana liburan ke kota Yogya bulan 12 – 16 Februari (5 hari 4 malam) yang bertepatan dengan libur kejepit di tgl 15.
Aku sebenarnya sudah menyatakan tidak ikut dalam agenda berlibur bersama kali ini dikarenakan ada rencana mau ke Yogya Mei nanti.

Tapi dasar… tawaran liburan yang datang begitu menggoda.
Ya sudah, akhirnya aku ikutan pergi ke Yogya tapi dengan syarat:

Budget yang dikeluarkan hanya 500 ribu saja untuk seluruh perjalanan!
Akhirnya aku mulai setting Trip Jakarta -Yogya – Solo – Magelang 500ribu jalan-jalan ala backpacker.

Siap-siap sebelum tersesat

Maklum aku udah ga di Yogya sejak awal 2008, pasti selama aku pergi ada perubahan di kota Yogya.

2 hari sebelum keberangkatan mulai searching lewat “mbah google” lokasi wisata yang akan dituju, biaya masuk tempat wisata, cara/ angkutan menuju ke lokasi serta rute-rute bis dan trans Yogya – Solo – Magelang menuju tempat wisata, jadwal kereta prameks Yogya – Solo, nomor telpon taksi di yogya sampe peta Yogya dan Solo.

Aku membuat jadwal perjalanan dari mulai berangkat dari Jakarta, perjalanan dari hari pertama sampai dengan hari terakhir dan kembali pulang ke Jakarta.
Semuanya dibuat detail dari jadwal acara, jam pergi maupun pulang, sampai biaya yang dikeluarkan yang tentunya sesuai budget sekitar 500ribu.
Teman yang ngeliat jadwal sampe heran, katanya udah kayak buka paket tur wisata aja.

Rencana paket trip yang aku buat dengan budget 500ribu adalah wisata ke Yogya – Solo – Magelang dengan tujuan tempat wisata:

Tempat Wisata Yogya
1. Benteng Vandeburg -> gratis dari luar aja buat foto-fo. Tamannya juga sejuk buat duduk2 istirahat.

2. Keraton Yogya -> tiket masuk cuma 3000 rupiah saja. Murah meriah kan 🙂

3. Melihat pembuatan Batik di kampung seberang Keraton -> gratis loh! dan melihat Yogya dengan struktur kampung yang penuh gang kecil kayak labirin.

4. Taman Sari -> Taman Sari terdiri dari 2 bangunan, ada Taman Sari yang bayar tiket masuk  3000 rupiah, bisa main air + berasa foto di Bali, ada juga Pulau Cemeti, yang bebas masuk dan bisa lihat kota Yogya dari atas.

5. Candi Prambanan -> Candi Prambanan adalah kisah tentang Roro Jonggrang . Tiket masuRp 23.000,- kalau mau nambah Rp 7.000,- bisa jalan2 ke Candi Ratu Boko juga. Sayangnya gag bisa masuk beberapa Candi karena sedang dipugar.

6. Pasar Sekaten > Pesta Rakyat, ada hiburan dan jajanan rakyat. Cuma ada 1x setahun. Cobain deh naik ombak banyu, permainan seperti komedi putar tapi yang jalanin manusia, bukan mesin! Masuknya gratis 🙂

7. Pasar Beringharjo -> Makan soto di pasar dengan lauk sate ayam. Lokasi sebrang Mesjid. Satenya besar-besar 🙂

8. Belanja oleh-oleh di Mirota Batik -> kalo udah sampe siniga mau pulang! Mulai dari pakaian, makanan, mainan, semuaaanya oleh-oleh ada disini.

9. Malioboro -> katanya klo ke Yogya ga afdol kalau ga main ke Malioboro dan menyusuri sepanjang jalannya buat sekedar window shopping atau beli oleh2.

10. Belanja oleh-oleh di Pasar Patuk -> mau oleh-oleh makanan khas Yogya? Bakpia? dan lainnya? bisa cari di sini.

11. Pantai Parangtritis -> walaupun disini ga bisa berenang (ombaknya terlalu besar) tapi masih seru kok buat main air. Masuk Parangtritis mahal parkirnya. Soalnya parkir digetok bisa sampe Rp 10.000,-

12. Makan seafood di Pantai Depok -> Pulang dari main air di Parangtritis, mesti makan seafood murah meriah dulu di sini.

13. Merapi – melihat lahar dingin -> Walaupun kita ga ke Merapi, tapi waktu jalan pulang dari Magelang sempet mampir di Jembatan yang dilewati lahar dingin Merapi.

14.Kota Gede -> Mau lihat kerajinan perak? ke Kota Gede bisa lihat pembuatan perak sekaligus hasilnya 🙂

15. Kasongan -> Mau oleh-oleh gerabah kayak vas, guci besar, pajangan rumah murah?  Desa Wisata Kerajinan Gerabah Kasongan menjual kerajinan sekaligus bisa foto2 berasa di Bali/ Thailand 🙂

Wisata Kuliner di Yogya:
1. Makan soto di Pasar Beringharjo sebrang Masjid-> spesial sate ayam gede2 :). Harga soto 1 porsinya 6ribu. Sate 1 tusuknya 1.500. Maknyusss

2. Mie Jawa Pak Gino – Pasar Prawirotaman -> minimal bawa cemilan sambil nunggu. Karna mie baru datang 2 jam setelah pesan. Jangan heran kalau dapet urutan ke-15 atau lebih. Mie dibuat satu-satu dan masaknya pakai arang. Jadi agak lama menunggu. Kesabaran adalah kuncinya. 1 porsinya 13ribu

3. Oseng-oseng Mercon Bu Narti di Jl. KH. Dahlan -> Daging dimasak pedas. Huff… makan kesukaan yang dimakan cuma 1 bulan sekali soalnya pedesnya maaaantaaaaap. Harga 1 porsinya 10ribu.

4. Jejamuran di Jl. Magelang ->tempat makan baru yang lagi hot di yogya. Semua menu jamur, menu variasi dari jamur goreng biasa sampe jamur rendang, sate, tonseng, dll.Minuman yang disuka Carica Squash juga loh! (Carica: seperti pepaya muda, ukuran kecil dari Wonosobo). Harganya juga lumayan murah untuk hitungan Jakarta.

Jadwal jalan-jalan Yogya-nya sampe disini dulu.

Besok dilanjutin cerita jalan-jalan ke Solo dan Magelang.

3 thoughts on “Trip Jkt – Yogya – Solo – Magelang PP dengan 500ribu

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

  2. Denise: aku mau buat tulisan spt mu soal trip2 dan jalan2ku. tapi ga bisa mengarangnya say……! ajari ya hehehehe. Tx.

    • hahaha yang penting niatnya nulis aja dulu mba. Toh pengalaman pribadi. Jadi gampang ceritanya kayak cerita sama orang tapi dalam bentuk tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *