My Wish List 2017

Tahun baru, harapan baru. Setiap orang pasti memiliki keinginan dan target yang ingin dicapai setiap tahunnya seperti memiliki pekerjaan baru, rumah baru, mobil baru, atau pasangan baru (curhat mode on o__O ). Nah kalau cindiltravel, biasanya selalu bikin wish list yaitu daftar keinginan atau rencana berpergian biar semangat menjalani 1 tahun ke depan. Sebelumnya wish list 2016 sempat ditulis menjelang akhir tahun 2015. Jika diingat betapa menggebunya aku saat itu melihat daftar tanggal merah tahun depan berjejeran dan langsung berburu pemandangan indah untuk dikunjungi. Satu persatu peta mulai ditandai, pulau-pulau mulai dijelajahi. 2016 boleh dibilang tahun perjalanan penuh kejutan. Bagaimana tidak, wish list yang ditulis sebanyak 5 tujuan boleh dibilang berakhir manis dengan 8 pencapaian. Artinya hampir 2 bulan sekali aku melakukan perjalanan, bahkan lebih! Selain itu, tanpa direncana tanpa diduga aku mendapatkan lisensi DIVING yang awalnya hanya impian kemudian menjadi kenyataan. Semenjak itu, aku adalah pemula yang “marathon” koleksi stempel di logbook atas nama sebuah pengalaman di dunia baru.

Di penghujung tahun 2016, aku melakukan perjalanan selama 6 hari keliling Sulawesi Selatan dengan membawa #HappinessProject dari Toraja, Makassar, hingga Bulu Kumba. Seperti biasanya, aku selalu membawa kamera go pro dan kamera handphone dengan kapasitas memory yang boleh dibilang cukup besar. Selama 6 hari perjalanan entah kenapa, aku lebih banyak menikmati waktu-waktu memandangi alam sekitar, berbicara dengan penduduk sekitar maupun sesama pejalan. Ketika kembali ke Jakarta, aku baru menyadari ternyata foto-foto yang terekam selama 6 hari perjalanan hanya 400 saja. Boleh dibilang ini penurunan drastis kapasitas memori. Sepertinya aku lebih menikmati memori di hati sebagai kebahagiaan dibandingkan dengan memori yang kutangkap dengan mata dan #HappinessProject pun tercapai!

cindiltravel 2017_rammang rammang

Menjelang akhir 2017 aku sebenarnya sudah membeli 1 tiket dengan tujuan Taka Bonerate. Seperti biasa cindiltravel selalu membuat share cost secara terjadwal agar memudahkan perencanaan dan menabung bagi teman-teman yang mau join share cost. Dan akhirnya dari 10 kuota yang dibuka, 12 orang join dengan tiket yang sudah dibeli 4 bulan sebelum (bahkan aku 6 bulan sebelum!). Pada akhirnya, banyak teman yang bertanya kapan lagi buka share cost ? Tahun 2017 listnya kemana aja?

Dengan jumlah 34 propinsi di Indonesia dan 18.306 pulau yang tersebar, rasanya kakiku takkan pernah sampai untuk menginjakan semuanya. Keinginan dan harapan pasti banyak, apalagi jika boleh memilih aku pasti memilih tempat-tempat diving terunik di Indonesia seperti menyelam bersama whale shark di Gorontalo, mengejar hammerhead di Banda Neira, menyelam di Gunung Api – Sangihe, menikmati pemandangan Labengki dari atas hingga bawah laut, melihat  pelangi di Wakatobi atau sekedar menunggu matahari terbenam di Ternate – Tidore. Rasanya wish list ku takkan pernah berkurang. Tapi kenyataannya, ketika ditanya tahun 2017 kemana lagi ? Aku hanya bisa menjawab terserah kaki ini ingin melangkah dan hati membawa #HappinessProject. Karena aku percaya, akan banyak kejutan bahagia menanti di 2017!

Selamat Tahun Baru 2017 dengan semangat baru!

cindiltravel 2017_tana toraja

menjadi penjaga loket di Suaya, Tana Toraja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *