Tergila-gila dengan Gangan Ikan Ketarap!

Walaupun gagal beberapa kali dengan menu kuliner di Belitung, tapi aku tak patah arang untuk terus mencoba menu khas kota ini. Menu selanjutnya yang akan aku coba adalah GANGAN yaitu sup kuah kuning. Jenis Gangan yang terkenal adalah yang dibuat dari ikan, tapi ternyata di Belitung semua jenis lauk dapat dibuat menjadi Gangan seperti ayam dan daging sapi. Aku berkesempatan mencoba GANGAN pertama kali di Pantai Tanjung Kelayang, dimana pantai tempat kami akan berangkat untuk hopping island Pulau Lengkuas dan pulau lainnya. Dari awal aku sudah penasaran dengan menu GANGAN Ikan Ketarap, dan beberapa orang sudah kasih info kalau menu ini tidak ramah di kantong. Hmmm… tapi aku pikir kapan lagi ada kesempatan makan ini kalau bukan sekarang?

Warung-warung makan berjejer di pinggir pantai, aku memasuki salah satu warung dan langsung memilih menu Gangan Ikan Ketarap. Ternyata harga menu ikan dihitung berdasarkan kilo bukan porsi. Aku pun langsung ke cool box untuk memilih ikan ketarap, dan kata si ibu penjual bagian terenak ikan ketarap adalah kepala-nya! Ternyata harga kepala ikan ketarap Rp 120.000,-/ kilo dan siapa sangka kalau berat kepala ikan ketarap aja bisa 1 kg *omaygooot 😱 😱 😱

cindiltravel gangan ketarap makanan khas belitung

Kata si Ibu, kepala ikan ketarap seberat 1 kilo ini dapat disantap untuk 4 orang. Hah? Aku bingung gimana caranya dimakan 4 orang. Mata ikan-nya aja cuma ada 2, ya masa kita makan tulang-tulang kepala ikan? Dan akhirnya setelah menunggu cukup lama sambil ditinggal foto-foto ke pinggir pantai dan yang lainnya sholat Jumat, menu yang kami pesan untuk makan 4 orang pun datang yaitu ikan kue bakar, tumis kangkung dan menu utama Gangan Kepala Ikan Ketarap. Walaupun terlihat sederhana tetapi harganya ga sederhana XD XD XD

cindiltravel gangan ketarap makanan khas belitung 3

Semangkuk gangan terhidang dimeja dengan buah nanas menghias diantara potongan kepala ikan. Waaaah nanas yang dimasak adalah salah satu makanan kesukaanku! Rasanya sudah ga sabar untuk menyantapnya. Dan ternyata benar, Gangan Kepala Ikan Ketarap ini enaaaaaak banget dan ga mengecewakan. Rasa kuah asam, segar, manis dan pedas berasal dari racikan bumbu halus bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, laos, cabai dan buah nanas segar. Untuk pertama kalinya aku bisa makan kepala ikan selain ikan lele. Dan aku baru merasakan bahwa memang kepala ikan ketarap dihargai mahal karena menyimpan kenikmatan yang terpendam. Kulit kepala ikan ketarap sangat tebal seperti kikil sapi, kenyal tetapi terasa lembut saat disantap. Memakan kepala ikan ketarap ini seperti menyeruput lelehan lemak lembut. Nikmat! Aku bahkan sanggup menghabiskan sampai tuntas kepala, kulit, tulang hingga mata. Baru pertama kalinya aku memakan kepala ikan sampai tuntas selain ikan lele 😂 Dan menu untuk ber4 ini ternyata dapat dihabiskan untuk berenam.

cindiltravel gangan ketarap makanan khas belitung 2

Menu Gangan Ikan Ketarap tidak hanya berhenti sampai di sini, karena esok harinya aku juga memesan menu ini saat berkunjung ke Restoran Fega di kota Manggar. Ya! Aku tergila-gila dengan Gangan Ikan Ketarap. Rasa segar, manis, asam dan pedas bumbu berpadu dalam kaldu kental kepala ikan Ketarap yang membuat masakan ini makin nikmat disantap 😘😘😘 Dan GANGAN kepala Ikan Ketarap menjadi menu kuliner WAJIB dicoba saat berkunjung ke Belitung.

Jadi, kapan kamu ke Belitung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *