Lombok : Bertemu Fish Schooling di Gili Nanggu

gili nanggu lombok 1cindiltravel

Perjalanan dari Gili Sudak dilanjutkan ke pulau terakhir yang kata ABK laut lebih banyak ikan dan jinak yaitu Gili Nanggu. Tak sabar rasanya cepet-cepet ke Gili Nanggu. Begitu sampai, ternyata Gili Nanggu tidak sesepi Gili Sudak, ada sekeluarga turis asing sedang snorkeling bersama balita. Bayinya aja belum bisa jalan udah diajak snorkeling di laut. Keren!

Gili Nanggu dikelola oleh satu-satunya resort disini. Orang di Lombok menyebutkan bahwa Gili Nanggu salah satu tempat tujuan untuk honeymoon karena pulaunya yang kecil, indah dan sepi. Jarak antar setiap kamar pun ada yang berjauhan sehingga privasi tetap terjaga. Harga cottage di Gili Nanggu mulai dari Rp 450.000,-/ malam dan ada baiknya pesan sebelum hari H karena jumlah kamar yang terbatas. Ga mau kan, sudah berencana nginep disini tapi ternyata kamar sudah penuh terisi. Kegiatan yang bisa dilakukan di Gili Nanggu dari berjemur di pinggir pantai, snorkeling hingga melepas tukik.

Begitu sampai di pinggir pantai aku langsung snorkeling bersama 1 kelompok wisatawan lokal di pinggir pantai. ABK laut membekaliku dengan 1 botol berisi remah roti untuk diberikan ke ikan. Awalnya pinggir pantainya dangkal dan bening tanpa ikan. Aku semakin menjauh dari kelompok dan semakin ke tengah laut, tiba-tiba pasir di laut semakin dalam. Begitu aku tekan botol roti, segerombol ikan besar datang. Huaaa… kereeen. Bahkan aku sempat dilewati oleh segerombolan ikan atau yang dikenal dengan fish schooling. Aku bahkan sempat bermain tangkap-tangkapan dengan ikan besar.

gili nanggu lombok 2cindiltravel

gili nanggu lombok 3 cindiltravel

gili nanggu lombok 4 cindiltravel

gili nanggu lombok 5 cindiltravel

Semakin lama aku sadar kelompok yang tadinya dipinggir bergeser  ke tempatku. Yah jadi rame deh. Akhirnya aku kembali ke pantai untuk cari lokasi baru.

ABK laut menemani aku ke arah lain yang lebih sepi. Letaknya di belakang tempat mandi umum. Dan ternyata disana benar-benar sepi. Sayangnya disana tidak ada pulau di seberang sehingga ombak laut terasa besar dan membuat aku gampang terombang-ambing. gili nanggu lombok 6cindiltravel

gili nanggu lombok 10 cindiltravel

Langit semakin gelap, hari semakin sore dan aku memutuskan untuk mandi dan bersiap kembali ke pelabuhan Tawun. Aku bilas di tempat mandi di Gili Nanggu bersama kelompok lainnya. Tempat bilas yang akan kami gunakan bersebelahan dengan tempat yang sedang dibangun oleh tukang bangunan. Begitu kami masuk terbengong bengong lah kami karena ternyata tempat bilasnya outdoor alias kamar mandi tanpa pintu dan atap! Aku bersama 5 orang lainnya keluar lagi dari area bilas itu. Akhirnya kami meminta tolong para pria yang satu kelompok untuk menjaga pintu kamar bilas agar tidak dimasuki oleh orang lain. Hehehe… beruntung deh pas butuh bisa ikut kelompok lain. Biaya untuk bilas hanya Rp 5.000,-/ orang. tempat bilas itu memang diperuntukan untuk pengunjung yang bukan penghuni resort.

gili nanggu lombok 9 cindiltravel

Akhirnya perjalananku ke Gili Kedis, Sudak dan Nanggu sudah selesai. Sayangnya baterai kameraku langsung habis, jadi ga sempat foto-foto cottage dan pinggir pantai yang indah ini. Menurutku 3 Gili ini lebih bagus dan lebih sepi dibandingkan Gili Trawangan. Ikan-ikannya lebih jinak dan besar. Tak perlu ke tengah laut untuk melihat ikan karena dipinggiran sudah banyak ikan yang bermain-main. Seru kaaan!

gili nanggu lombok 8 cindiltravel

Note :

Resort di Gili Nanggu:

Email: reservation@gilinanggu.com
Lombok: Tawun Sekotong Barat – Lombok Barat
Telepon: (62-370) 623 783
HP: 62-81237972299, 62-87864582020 Fax: (62-370) 623 771

Contact Person: Mr Wayan Riva, Abdullah Siregar (Kusam)
Jakarta: Jl. Gunung Sahari 2 No.12B, Jakarta Pusat 10610
Telepon: (62-21) 42 66 002 Fax: (62-21) 42 66 020
www.gilinanggu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *