Gili Trawangan Surga Kecil Pemburu Kuliner

Pasar Seni Gili Trawangan

Awalnya aku berpikir makanan di sebuah pulau seperti Gili Trawangan akan dijual dengan harga tinggi selangit karena karena ada biaya yang harus ditambah untuk mengirimkan bahan baku dari daratan menuju pulau. Ternyata ga juga loh!

Pasar Seni Gili Trawangan 1
Pasar Seni Gili Trawangan 3
Gili Trawangan merupakan pulau di tengah laut maka tak heran jika segala jenis hasil laut mulai dari ikan-ikanan, cumi, kepiting, udang sampe lobster *pengeeen* melimpah. Untuk harga bervariasi mulai dari yang murah sampe yang mahal, contohnya lobster agak mahal, sekitar Rp 300-500rb/ porsi. Untuk rasa, jangan ditanya lagi… Seafood segar akan terasa manis dan gurih bahkan tanpa bumbu sekalipun!

Pasar Seni Gili Trawangan 2

Kalau kita masuk ke cafe atau restoran yang dekorasinya ciamik nan romantis emang pasti harus usaha ngeluarin uang cukup banyak (bagi aku) sekitar Rp 50.000,-/ porsi ke atas. Tapi jangan khawatir bagi pelancong dengan budget terbatas, karena Gili Trawangan memiliki spot tempat makan murah meriah yaitu Pasar Seni Gili Trawangan. Pasar Seni terletak di sebuah lapangan seperti lapangan voli yang sepi saat siang hari. Ketika malam tiba lapangan ini akan berubah menjadi pusat makanan murah. Konsep makanan disini seperti warung tenda pecel lele dan nasi goreng jawa timur, penjualnya juga dari pulau jawa. Β Menu paling banyak adalah seafood, ayam goreng lengkap dengan nasi dan lalapan. Untuk menu yang lainnya ada nasi goreng, mie goreng, burger, jagung bakar, kebab, dan kue-kue jajanan pasar.

Pasar Seni Gili Trawangan 4

Pasar Seni Gili Trawangan 6

Untuk menu makan malam, aku mencari yang paling ramai dikunjungi orang. Di sudut lapangan dekat pintu masuk, ada penjual sate bakar. Yang dibakar bukan hanya daging kambing dan ayam, tetapi juga seafood. Aku pesan 1 tusuk ikan tuna, 1 tusuk kerang, 1 tusuk cumi, 1 tusuk sapi, 1 udang dan sudah bonus 2 piring nasi lengkap dengan 3 jenis sayur yang dapat dipilih. Total yang dibayar Rp 90.000,- dan makan sampe kenyang πŸ™‚
Pasar Seni Gili Trawangan 5

Yang lucu adalah antrian panjang para turis asing di tempat pancake. Penasaran dengan pancake-nya Gili Trawangan akhirnya aku ikut antri membeli. Dan pas lihat pembuatannya ternyata martabak manis. Oh alah, pantesan aja turis asing juga ngantri, kan di negaranya ga ada pancake bentuk martabak. Perbedaannya martabak di Gili Trawangan adalah variasi isinya, di sini martabak bisa diisi dengan pisang, selai, sampai madu. Harga yang dijual mulai dari Rp 10.000 – Rp 18.000,- / porsi. Untuk rasa ya biasa saja karena lebih banyak terigu jadi seperti pancake beneran.

Pasar Seni Gili Trawangan 8

Yang menggugah seleraku di Gili Trawangan selain seafood adalah ice cream! Ice cream yang banyak dijual di Gili Trawangan yaitu Gelato istilah ice cream di Itali tetapi memiliki kasta lebih tinggi dari ice cream biasa karena tekstur yang padat dan berasal dari bahan alami. Bahkan nama komersil yang dijual di sini ada Gili Gelato menyesuaikan nama lokasi. Gili Gelato memiliki 9 variasi rasa yaitu vanilla, rum raisin, cherry, amarena (paduan berry dan vanilla), choco, pistachio (green tea), azzuro cream (mint), azzuretto (kopi), fuciatella (kacang hijau). Aku mencoba paduan choco dan azzureto dengan harga Rp 25.000,- untuk 2 scoop. Enaaak πŸ™‚

Pasar Seni Gili Trawangan 9

Pasar Seni Gili Trawangan 7

Ga heran kenapa turis luar suka tinggal disini berlama-lama selain karena keindahan pulaunya, keramahan penduduknya dan pulau ini kaya akan kuliner! Menu yang ditawarkan mulai dari menu western (steak, salad, pasta, dsb), seafood, ayam, sapi, babi, sampai menu masakan Indonesia lengkap dengan nasi. Bahkan pencinta nasi padang ga perlu khawatir karena di Gili Trawangan juga ada Gili Salero. Jadi jangan takut kelaparan di Gili Trawangan.

Pasar Seni Gili Trawangan 1

One thought on “Gili Trawangan Surga Kecil Pemburu Kuliner

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *