Surabaya : Berkunjung ke Museum Komersial – House of Sampoerna

 cindiltravel mueseum sampoerna 17

Saat berkunjung ke Surabaya dalam waktu singkat rasanya aku tertarik untuk mengunjungi satu museum yang didirikan oleh perusahaan rokok komersial yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Sampoerna. Konon katanya museum yang dikelola secara komersial lebih terawat, dan tidak hanya itu museum ini bebas dikunjungi tanpa dipungut biaya. Asyik bukan ?

 cindiltravel mueseum sampoerna 2

Akhirnya aku pun sampai di depan bangunan megah House of Sampoerna yang kental dengan arsitektur jaman kolonial Belanda dengan empat buah pilar tinggi dengan simbol merk dan aksara Tiongkok. Di dalam gedung ini kita akan disuguhi dengan foto proses dan bahan baku rokok, koleksi rokok, barang-barang antik hingga

koleksi pribadi sang empu-nya pendiri merk Sampoerna. Dulunya bangunan ini memang digunakan sebagai pabrik pembuatan rokok Dji Sam Soe.

Bangunan utama pada komplek Museum ini memiliki dua lantai. Lantai pertama berupa ruang pamer sedangkan lantai ke dua berisi tempat penjualan souvenir. Pada lantai ke dua kita bisa melihat video mengenai proses produksi rokok pada saat pabrik berada di gedung tua ini. Kita bisa menonton video sambil melihat ruang kerja pabrik di lantai bawah sehingga memberikan kesan flashback. Yang membuatku tercengang adalah kecepatan para pekerja yang rata-rata wanita dalam melinting rokok dan memotong rokok secara manual, salah satu detik saja jari-jari tangan bisa terpotong. Hiii… ngeri. Sayangnya di lantai dua ini kita tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar.

 

Saat pertama kali menginjakan kaki ke dalam museum ini membuat aku jatuh cinta pada gaya interior yang klasik dan mewah di jamannya tetap terasa hingga saat ini. Pada bagian foyer diberikan kolam ikan kemudian kita juga akan diperlihatkan koleksi pribadi sang pemilik mulai dari gaun pengantin, meja belajar, furniture ruang kerja hingga lemari baju dengan foto berukuran besar. Semuanya penuh dengan detail klasik yang mempesona. Coba lihat saja kamar mandinya yang full marmer dan kayu. Bikin ngiler banget… Pengen angkut pulang *_*

cindiltravel mueseum sampoerna 1

cindiltravel mueseum sampoerna 6

Pada sisi lain di dalam gedung ini kita akan melihat proses pembuatan rokok mulai jenis-jenis tembakau yang diambil dibeberapa daerah di Indonesia seperti di Lombok. Petani tembakau di Lombok menggunakan oven seperti rumah yang dibangun menjulang ke atas untuk pengeringan tembakau. Tembakau yang telah diikat digantung di tiang bambu di dalam oven. Dan waktu aku ke Lombok Timur banyak terdapat bangunan tinggi seperti itu.

cindiltravel mueseum sampoerna 4

cindiltravel mueseum sampoerna 5

cindiltravel mueseum sampoerna 7

Selain koleksi rokok, kita juga akan melihat seragam dan alat marching band yang dulunya sempat berjaya tetapi kini sudah tidak ada lagi. Tidak hanya itu saja beberapa koleksi kendaraan seperti motor tua seta delman juga turut di pamerkan.

cindiltravel mueseum sampoerna 8

Puas keliling di dalam gedung museum kita bisa beranjak ke luar area gedung yang terdapat taman dan beberapa koleksi mobil mewah keluarga.

cindiltravel mueseum sampoerna 10

Selain bangunan museum kita juga bisa berkunjung ke Art Gallery yang memiliki koleksi lukisan serta beberapa koleksi seni kontemporer atau menikmati makanan dan minuman di A Cafe.

Art Gallery

cindiltravel mueseum sampoerna 12

cindiltravel mueseum sampoerna 13

cindiltravel mueseum sampoerna 14

A Cafe

cindiltravel mueseum sampoerna 11

cindiltravel mueseum sampoerna 15

cindiltravel mueseum sampoerna 16

Oh ya, di areal museum ini terdapat bis wisata keliling kota Surabaya loh. Untuk naik bis ini tidak dipungut biaya. Hanya saja bis berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

cindiltravel mueseum sampoerna 9

Note :

Jam Buka: Senin s/d Minggu : 09.00-22.00 WIB
Gratis untuk Umum
Alamat: Taman Sampoerna No 6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya
Telpon : +6231 353 9000
website : www. houseofsampoerna.museum

One thought on “Surabaya : Berkunjung ke Museum Komersial – House of Sampoerna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *