Cari Uang Tambahan Jadi Freelancer buat Modal Traveling

Kali ini cindiltravel ga bahas tentang destinasi traveling tapi mau share gimana sih caranya bisa travel sesering mungkin? Jika kamu masih karyawan di sebuah perusahaan, maka hal yang tersulit adalah mendapatkan cuti. Tapi jika cuti bukanlah masalah utama, bisa jadi biaya perjalanan alias UANG menjadi alasan utama yang membuat kita berpikir puluhan atau bahkan ribuan kali sebelum memutuskan melakukan traveling.

Sejak 2015 aku memang berniat mendapatkan biaya traveling tanpa menggangu “cash flow” biaya hidup, jadilah aku putar otak. Berawal dari kesukaan jalan-jalan dan crafting yang berbeda dengan pekerjaan utama di kantor *konon kata orang-orang disebut passion, maka aku memutuskan untuk mencoba menjadi freelancer part time alias menjadi pekerja lepas, yang bekerja di luar jam kerja kantoran, bisa dikerjakan dari rumah bahkan kamar yang nyaman! Dan hasil pendapatan menjadi freelancer bisa menjadi modal tambahan untuk traveling tahun 2016 kemarin ke berbagai tempat. Yay!

Nah buat kamu yang merasa meski udah usaha ngurangin jajan, pergi ke mall sampe puasa beli baju dan hal-hal yang ga penting tapi tetep aja pendapatan bulanan dari kantor belum juga bisa dijadikan modal traveling ke destinasi impian, maka ga ada salahnya nyoba beberapa pilihan freelancer part time dari cindiltravel yang masih berhubungan dengan dunia traveling.

1. Membuat Blog sampai jadi Penulis Lepas

cindiltravel tips freelancer

tulisan di blog cindiltravel

Awal kesukaanku jalan-jalan dan membagikan cerita lewat “verbal” alias cerita sama teman yang ga akan berhenti meski tempat nongkrong udah tutup! Akhirnya aku coba tulis dalam sebuah blog yang berisi tentang perjalanan dan tips untuk travel, makanan, sampe hal-hal yang aku suka. Siapa sangka malah lewat blog aku bisa dapet tawaran jadi penulis lepas dan ghost writer. Yang paling menggiurkan dari blog adalah placement ads yang konon gajinya dalam bentuk dollar *ngarep banget kalau itu. Selain menjadi penulis blog, tidak ada salahnya mencoba apply di beberapa lowongan freelance writer atau sebagai kontributor majalah atau webiste buat nambahin pundi-pundi dalam bentuk rupiah.

2. Menjual Foto

cindiltravel tips freelancer 2

koleksi foto awan dari Togean, Sulawesi Tengah

Kalau hasil foto pemandangan atau human interest traveling kamu keceh banget, kenapa ga nyoba dijual? Banyak banget website yang memperjualbelikan foto seperti Istockphoto.com, ShutterStock.com, dan beberapa webiste Indonesia. Pilihan lainnya, kirimkan hasil fotomu ke majalah dan portal website yang cocok dengan objek fotomu. Siapa tau malah kamu bisa jadi fotografer yang terkenal.

3. Jasa Les Privat

Hari gini ngajarin les? Kayaknya kok berasa balik ke jaman pake baju seragam sekolah? Tapi jasa les privat ini bukan melulu tentang pelajaran di sekolah tapi bahasa asing atau bahkan bahasa Indonesia. Loh kok Bahasa Indonesa? Banyaknya para ekspariat (pekerja asing) di Jakarta, ga ada salahnya kalau kita menjadi freelancer part time sebagai guru privat Bahasa Indonesia buat keluarganya (istri dan anak-anak) biar mereka bisa bergaul sama lingkungan sekitar mereka dengan bahasa kita. Dan sambil menyelam minum air, siapa tahu bisa mengunjungi rumah asli mereka di luar negeri sana 😀 😀 😀

4. Menjual Desain

Bagi yang suka desain, atau malah kerjaan kantornya mendesain kenapa ga nyoba menjadi freelance desain buat temen-temen yang mau menikah dari mulai buat undangan, atau bikin desain promo dan packaging teman yang mau buka usaha baru. Walaupun pakai “harga teman” di awal siapa tau nanti bisa jadi ladang bisnis beneran.

5. Crafting

cindiltravel tips freelancer 3

waktu buka lapak demi modal traveling 😛

Aku suka banget crafting mulai dari bahan kertas, jahit menjahit hingga dunia per-kayu-an. Tahun 2015 sudah niat beli mesin jahit, alat crafting, buka order di instagram sampe buka bazaar sendiri. Nama brand-nya CINDILTRAVEL, menjual perlengkapan travel yang dibuat handmade dan customize. Hasilnya? Beberapa customer datang ke lapak dan order secara berkala sampe order ratusan. Sayangnya, karena waktu itu masih bikin sendiri tanpa ada karyawan akhirnya ga kuat juga terima orderan karena terhambat waktu. Jujur sih, kalau mau diterusin dan ditekuni pasti hasil ga akan mengecewakan kok. Dan bisa menjadi modal utama bikin usaha tetap *i wish.

6. Event Organizer

Kalau hobby traveling, ga ada salahnya loh nyoba buka travel agen sendiri. Tapi perlu diinget, kalau menjadi agen travel artinya niat liburan jadi ga berasa liburan karena tetap harus “bekerja” melayani klien yang kita temani saat liburan T__T. Nah berhubung sekarang banyak banget acara ulang tahun atau nikahan yang menggunakan jasa event organizer kenapa ga mencoba peluang menjadi salah satu pengisi acara atau panitia acara. Acara yang biasa dilakukan saat hari libur tentu tidak akan menganggu jadwal kerjamu.

Di luar 6 pekerjaan freelancer part time pilihan cindiltravel masih banyak lagi pilihannya yang bisa kamu lakukan. Tapi kita harus ingat bahwa memiliki pekerjaan lain diluar pekerjaan utama tentu saja akan memiliki beban sendiri. Salah satunya adalah berkurangnya jam istirahat dan waktu beraktivitas bersama teman dan keluarga karena digunakan untuk mengerjakan hal lainnya. Karena aku lebih banyak mengambil pekerjaan menulis yang tidak menganggu jam kerja di kantor dan lebih santai alhasil jika ada freelance  maka aku harus melewatkan weekend di rumah menatap laptop tanpa henti. Ajakan teman untuk bermain pun terpaksa ditunda sampai pekerjaan beres. Tapi setelah pekerjaan beres dan menerima hasil, rasa lelah dan puas pun terbayar. Dan sekarang justru malah semangat bekerja di kantor dan juga freelance demi liburan bahagia *baca: ga kekurangan dana saat liburan.

Menjadi seorang freelancer akan terasa menyenangkan jika apa yang kita lakukan memang kita sukai dari hati tanpa ada beban. Dan siapa tau ternyata pekerjaan sebagai freelancer justru malah pekerjaan impian mu?

PS : Tulisan ini ditulis saat weekend disela-sela tumpukan “to-do-list freelance part time” di saat hati dan badan merasa jenuh. Menulis artikel ini sebagai salah satu terapi menghilangkan rasa penat dan bosan tanpa perlu keluar kamar.

2 thoughts on “Cari Uang Tambahan Jadi Freelancer buat Modal Traveling

    • Hai Kak Fahmi,

      Salim dulu sama senior di dunia travel blogger. Duh aku sampe gemeter nih mau ngetik sangking gugup dan ga percaya disapa senior 😀 😀 😀
      Seneng ya Kak, bisa jalan-jalan terus dibayar lagi *mau tipsnya dong kaaaaak, semoga aku next-nya bisa jalan2 dibayarin juga *berdoa biar ketularan.
      Soal foto, *yakin nih pemula? – mungkin bisa belajar yang dipengen market sekarang Kak, siapa tau malah alih profesi jadi selebgram aja ? Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *