Jelajah Gunung Anak Krakatau : Persiapan Menuju Lokasi

anak krakatau 3

Mendaki Gunung Anak Krakatau adalah salah satu keinginan jalan-jalanku di tahun 2013. Mulai browsing paket perjalanan open trip yang ke Gunung Krakatau dan akhirnya dapet paket perjalanan murah yaitu Rp 360ribu / orang yang setelah dibandingkan harga ini cukup murah dibandingkan yang lain, biaya diluar sewa alat snorkeling yang harganya Rp 35ribu. Kalau punya alat sendiri ga perlu sewa lagi.

Temen-temen yang denger aku mau berangkat ke Gunung Krakatau langsung pada nanya: “Emang ga takut?”, “Nanti kalau gunungnya batuk alias meletus gimana?”,”Eh aku denger katanya kemarin cuaca ga bagus loh di sana”, dan masih banyak lagi komentar yang rasanya kok malah mereka yang ketakutan denger aku mau pergi. Aku cuma jawab santai : “kalau takut terus kapan sampai ke sananya (Gunung Krakatau)?”. Bukannya kita harus ngelawan rasa takut kita unuk membuktikan bahwa kita mampu ya 🙂

Jujur, ini pertama kalinya aku menuju ke daerah Pelabuhan Merak. Awalnya tim yang ikut aku pun takut karena bingung harus naik apa ke Pelabuhan Merak. Eh nyatanya banyak kok bus yang menuju ke Pelabuhan Merak. Kalau dari Jakarta bisa cari di seberang RS Harapan Kita, Slipi atau Tol Bayangan Kebun Jeruk. Pilihan bus cukup banyak mulai dari bus AC ukuran besar atau ukuran kecil. Aku naik bus AC ukuran kecil dari Tol Kebun Jeruk dengan tarif Rp 20ribu/ org dengan waktu tempuh 2 jam menuju Terminal Bus Pelabuhan Merak.

Sesampainya di Terminal Pelabuhan Merak jam menunjukkan pukul 9 malam sedangkan jadwal bertemu dengan tim yang lainnya masih jam 11 malam. Aku mampir dulu ke warung tenda Tiga Saudara menu sop daging yang lokasinya setelah terminal bus jalan sedikit ke arah pintu masuk Pelabuhan. Entah aku yang kelaparan atau memang rasanya sop ini benar-benar nikmat, rasanya sop daging berkuah santan seharga Rp 15ribu/ porsi ini terasa enak sekali. Patut dicoba jika mampir ke sini lagi.

soto daging pelabuhan merak 2

soto daging pelabuhan merak

Jalan sedikit dari lokasi jual sop daging ada menu yang lebih “juara” lagi ternyata seantero Serang yaitu “Nasi Goreng Merak yang Bergengsi” soal rasa aku ga berani komentar, soalnya ga nyobain :p

nasi goreng pelabuhan merak

Pintu gerbang Pelabuhan Penyebrangan Merak ternyata ga sehoror aku bayangkan. Aku pikir penampakannya kayak terminal kota kecil ternyata… lampu bertebaran dimana-mana, cukup bersih dan teratur.

pelabuhan merak 1

pelabuhan merak 2

Sambil menunggu tim yang lainnya aku menunggu waktu di mesjid area pelabuhan untuk beristirahat karena banyak orang juga beristirahat di mesjid sambil menunggu kapal berangkat. Setelah tepat pukul 11 malam kita berkumpul dan masuk kapal ferry. Tarif penyebrangan ke Bakauhueni Rp 11ribu/org dengan posisi tempat duduk terserah alias terserah ngemper dimana aja. Jika ingin ber AC bisa masuk ke ruangan eksekutif dengan menambah Rp 10ribu/ org.

ferry bakauheni 1

ferry bakauheni 2

Setelah 2 jam menyebrang akhirnya sampai juga di Terminal Bakauheuni, Lampung jam 2 pagi. Fiuuh… perjalanan harus dilanjutkan dengan menaiki angkutan umum yang sudah disewa untuk menuju Pelabuhan Canti dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan naik turun gunung yang aku habiskan dengan tidur subuh selama perjalanan.

terminal bakauheni

angkutan menuju pelabuhan canti krakatau

Sesampainya di Pelabuhan Canti kami menunggu kapal yang disewa datang sambil sarapan di warung kecil dekat dermaga dan bilas badan. Sayangnya kapal yang akan kami naiki bermasalah mesinnya akhirnya kami menunggu sambil berfoto ria saja daripada manyun :p

pelabuhan canti krakatau  1

Setelah mesin kapal beres… Kami pun bersiap untuk berangkat menuju titik lokasi jelajah ke (silahkan klik titik lokasi di bawah untuk detail perjalanannya) :

jelajah gunung anak krakatau 1 jelajah gunung anak krakatau 2

Mungkin ini perjalanan jelajah pertamaku untuk menjelajahi laut sekaligus gunung dalam 1 hari. Rasanya cukup menantang untuk dijalanin.

5 thoughts on “Jelajah Gunung Anak Krakatau : Persiapan Menuju Lokasi

  1. paket perorang utk wisata g anak krakatau,p sebesi dan p sebuku berapa??? per orang ,max brp orang.? minimal ? di jemput dari h grand Elty…mhn info?? …tq

    • Hai Hendi, detail sudah saya jelaskan di atas. Biaya perorg sudah termasuk trip ke pulau lainnya. Setau saya minimal orang waktu itu 30 orang. Sedangkan meeting poin saya di Pelabuhan Merak. Jika ada permintaan khusus dan pertanyaan lainnya bisa menghubungi pihak yang membuka open trip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *