Jelajah Gunung Anak Krakatau : Pulau Sebesi

pulau sebesi krakatau 11

Setelah puas berenang dan snorkeling di Pulau Sebuku kami melanjutkan perjalanan ke penginapan di Pulau Sebesi. Menurut info yang kami terima pulau yang berpenghuni di dekat Gunung Krakatau hanya Pulau Sebesi. Transportasi penduduk di Pulau Sebesi ke pulau lain dapat menggunakan kapal kayu umum dengan tarif Rp 35ribu / orang.

pulau sebesi krakatau 10

Begitu mendaratkan kaki di Pulau Sebesi ini saya berjalan menuju tempat kami menginap. Sepanjang jalan aku melihat banyak sekali sampah berserajan tidak hanya di pinggir pantai tapi juga di jalan dan di pekarangan rumah. Hewan-hewan ternak seperti ayam, kambing bahkan sapi berjalan sesuka hati ke areal penginapan. Ternyata tempat kami menginap adalah area rumah mess terletak di pinggir pantai dan dekat dengan dermaga sedangkan rumah penduduk masih harus ke dalam lagi dengan jalan sedikit berbukit.

Tempat kami tinggal terdiri dari beberapa rumah yang dilengkapi dengan area balai pertemuan yang berukuran besar yang digunakan untuk tempat makan bersama. Aku menempati rumah nomor 2 dari sisi paling kanan. Rumah ini terdiri dari 1 teras kecil di depan, 1 ruangan besar seperti barak di dalam rumah berisi jejeran kasur tipis dan 2 kamar mandi diujung bagian belakang rumah yang “seadanya” dengan lantai nyaris hancur seperti kena gempa. Air bersih untuk mandi jangan ditanya lagi betapa susahnya kadang nyala kadang mati, bahkan beberapa orang dari kami harus menumpang di mesjid belakang penginapan dengan berjalan kaki gelap tanpa penerangan, berdinding bedeng beratap rendah yang tidak disarankan digunakan untuk wanita. Untungnya aku bisa menyesuaikan diri dengan menghemat air saat mandi. Katanya sih, tarif menyewa mess ini Rp 250ribu / malam.

 pulau sebesi krakatau 2

Saat malam hari aku melihat pasangan turis asing yang sudah mendirikan tenda di depan balai pertemuan. Berbagi cerita dengan pendatang yang lain dari Makassar ternyata mereka memilih untuk tinggal dengan penduduk lokal di bagian dalam walaupun jarak dari dermaga ke rumah penduduk memang cukup jauh ke dalam tetapi untuk air dan makan tidak kekurangan (ga seperti aku yang selalu telat dan harus beli  mie instan di warung depan dermaga).

pulau sebesi krakatau 7

Walaupun penginapan kami berada di depan pantai, anehnya tak dari satu orang pun yang berenang di pantai. Menurutku mungkin karena warna air dan pasirnya tidak begitu bagus selain itu banyak sampah. Aku cukup puas hati dengan selalu memilih posisi makan duduk di atas rumput depan balai pertemuan seolah-olah sedang piknik sambil melihat pemandangan gunung-gunung diseberang.

pulau sebesi krakatau 1

pulau sebesi krakatau

2 thoughts on “Jelajah Gunung Anak Krakatau : Pulau Sebesi

  1. Pingback: Jelajah Gunung Anak Krakatau : Persiapan Menuju Lokasi | Cindiltravel

  2. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *