Kalimantan : Makanan Unik Pulau Derawan

cindiltravel makanan derawan 1

Jalan-jalan ke tempat baru bagiku tidak hanya sekedar wisata alam dan budaya tapi juga harus paket komplit dengan wisata kulinernya. Pulau Derawan yang luasnya sebesar 44,5 hektare ini dikeliling oleh lautan sehingga wajar jika wisata kuliner yang terkenal adalah hasil lautnya. Sejak menginjakan kaki di Pulau Derawan aku pun langsung mencoba makanan yang terkenal dan juga unik bagiku.

1. Kima

Kima adalah sejenis kerang besar yang banyak ditemukan di wilayah perairan Indonesia, beberapa kali menyelam di kaut Indonesia sering sekali aku menemukan kima yang menyatu dengan koral-koral cantik. Besarnya Kima dapat mencapai ukuran 1,5 meter dengan berat 250 kilogram, bahkan konon pernah ditemukan Kima dengan ukuran hampir mencapai 2,5 meter.

Ketika kami mendapatkan kima jantan dan betina di lautan, maka guide kapal menawarkan kami untuk menyatap kima tanpa diolah alias mentah. Si abang guide menjelaskan manfaat kima yang kaya protein ini sejak dahulu kala menjadi sumber makanan sehat bagi manusia. Bahkan daging kima dipercaya mampu menambah kejantanan kaum pria yang menyantapnya, terutama bagian dalam yang berwarna putih, kata si abang menjelaskan dengan semangat. Dan para cowok pun tersenyum malu-malu. Hahaha! Aku yang ga doyan sashimi sempat ragu untuk mencoba kima dalam bentuk mentah, tapi setelah memberanikan diri ternyata rasa kima mentah yang berwarna putih bersih ini manis seperti buah mangga kweni yang bertekstur kasar, padat berserat, dan kenyal. Baunya pun tidak terlalu amis seperti bulu babi, dan rasanya masih bisa dikunyah dan ditelan. Maka tidak heran bila Kima menjadi bahan makanan yang sangat mahal dan seringkali dijadikan menu khusus di restoran-restoran mewah.

cindiltravel makanan derawan 13

Kima dapat diolah dengan cara ditumis, dibuat menjadi sambal atau menjadi gulai. Sebenarnya, Kima adalah hewan yang sangat dilindungi karena jumlahnya di lautan yang semakin jarang. Namun, masyarakat Derawan memang sudah menjadikan Kima sebagai salah satu menu khas mereka. Masyarakat Derawan percaya bahwa selama kima dimanfaatkan secara baik, tidak diburu secara masal dan tetap mengembangbiakannya agar jumlahnya tetap aman di ekosistem laut maka mereka dapat mengkonsumsi kima terus.

cindiltravel makanan derawan 3

2. Udang Pasir

cindiltravel makanan derawan 6

Udang pasir banyak dijumpai di perairan pantai berlumpur, berwarna cokelat, bagian ekornya cokelat kuning-kekuningan, kepala gepeng, ekornya seperti kipas. Katanya sih udang pasir ini suka ngumpet dibawah pasir laut sehingga sulit untuk ditemukan. Yang lucu dari udang pasir adalah perawatannya sebelum diolah adalah dimasukkan ke dalam botol kemasan berukuran besar dan dipajang di dalam aquarium. Aku malah tertarik gimana cara ngeluarin si udang pasir ini. Ternyata cara ngeluarinnya cukup mengocok botol dan tubuh udang pasir akan bergulung keluar mengikuti ukuran tutup botol yang mengecil. Ajaib!

Mengolah udang pasir ini cukup digoreng sederhana menggunakan tepung. Udang digoreng tanpa mengupas kulitnya sehingga kita dapat mengkonsumsi kulitnya juga. Rasanya seperti udang lainnya, tetapi ukurannya saja besar dan kulitnya juga tidak terlalu keras.

3. Lobster

cindiltravel makanan derawan 2

Selain udang ada juga lobster si makanan mahal yang sudah terkenal dengan harganya yang mahal dari mulai keluar pasar ikan di muara karang sampe terhidang di meja restoran mewah. Berhubung aku udah beberapa kali makan lobster dan kadang nawar di pulau harganya ga masuk akal (1 ekor lobster bisa di atas 400ribu dengan ukuran se-iprit udah kayak harga penginapan 1 malam kadang malah mahalan si lobster) maka aku skip memilih menu lainnya. Tapi bagi yang belum pernah coba, bisa mencicipi lobster di pulau Derawan ini karena pastinya masih segar. Lobster dapat diolah dengan cara dibakar dengan bumbu atau hanya dengan direbus sederhana tanpa mengurangi rasa manis daging lobster yang juara.

4. Ikan Buntal

Siapa yang tidak tahu dengan ikan buntal ? Si ikan yang berbentuk seperti landak yang akan menggembung dan menunjukkan seluruh duri dibadannya jika merasa terancam. Ikan buntal terkenal beracun untuk dikonsumsi. Di Jepang, ikan buntal yang dikenal dengan nama fugu dapat dikonsumsi oleh manusia selama chef tersebut memiliki linsensi khusus untuk mengolah fugu menjadi makanan lezat. Tak perlu ke restoran Jepang dengan harga yang mahal untuk menikmati olahan ikan buntal ini, karena masyarakat Derawan juga dapat mengolah ikan buntal menjadi makanan enak seperti sambal goreng. Tapi jangan heran jika ikan buntal ini tidak dijual di rumah makan di Derawan, karena tak setiap hari mereka menangkap ikan buntal.

cindiltravel makanan derawan 9

One thought on “Kalimantan : Makanan Unik Pulau Derawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *