Bandung : Dari Tebing sampai Goa

cindiltravel tebing keraton bandung 1

Berawal dari keisengan pengen ngetrip satu hari aja tanpa mau repot, akhirnya browsing-browsing nemu postingan jalan bareng murah meriah ke Tebing Keraton yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Konon tempat ini sedang ngehits buat para pencari foto-foto artistik social media square alias instagram. Dengan mengajak teman, akhirnya misi perjalanan ini pun terjadi. Berangkatlah kita subuh-subuh ke meeting point yaitu Terminal Kampung Rambutan, agak horor gelap-gelapan di pinggir terminal. Sok pede nyapa orang yang kayaknya juga pengen ngetrip padahal sih niat cari temen biar ga takut sendirian dan untung ternyata bener mereka memang yang akan trip bareng.

Gelap mulai berganti terang, kita pun masuk ke dalam elf dan meluncur ke beberapa titik penjemputan. Ternyata rombongan yang ikut cukup banyak, hampir 30 orang. Duh salut deh sama Bang Hanif yang jadi TS-nya, kalo sampe aku yang ngurus mah udah aku teriakin semua kalo pada telat, liburan berubah jadi kelas militer, hahaha. Ternyata perjalanan dari Jakarta menuju Tebing Keraton ga sesulit dibayangkan kok, kecuali supir elf yang sempet nyasar sedikit. Terbukti dengan banyaknya orang yang ke Tebing Keraton menggunakan mobil pribadi bahkan naik sepeda, ya tentu aja ini penduduk Bandung dan sekitar yang mau olah raga.

cindiltravel tebing keraton bandung 2

Untuk menuju area Tebing Keraton kita harus trekking dengan jarak mungkin sekitar 2 km, kalau ga mau capek bisa naik ojeg motor yang sudah stand by mengantar menuju TKP. Berhubung memang berniat menikmati alam, akhirnya aku pun berjalan kaki menempuh jalan menanjak dengan pemandangan kebun hijau di sisi kiri dan kanan sambil atur nafas, kata teman pelan-pelan ga usah nafsu yang penting sampe. Di saat semua orang-orang udah pada masuk ke Tebing Keraton, aku dan 3 orang teman yang baru kenal Mba Rini, Anto dan Renly malah ngaso dulu di warung depan gerbang sambil foto selfie dengan background aneka macam jajanan bukan pemandangan alam *miris meringis. Ternyata trekking cuma 2 km udah bikin laper *dasar para pekerja yang malas olah raga -_-“

cindiltravel tebing keraton bandung 9

Setelah selesai meredakan rasa lelah dan kelaparan, kami masuk menuju area Tebing Keraton yang diberi gerbang besar di bagian depan tentu saja pakai tiket dulu. Saat masuk ke dalam kita akan menemukan jalan setapak dengan pohon pinus di kiri dan kanan jalan. Untuk menemukan posisi Tebing Keraton tidak sulit karena sudah banyak orang yang berkumpul di sana dengan suara riuh bergembira. Pas sampe di sana aku cuma bisa bengong aja, karena sejauh mata memandang cuma hijau dengan pemandangan pepohonan pinus seperti bukit menoreh sehingga disebut “Tebing Keraton” alias jejeran pohon pinus seperti tebing dan sawah pada bagian dasar bukit.

cindiltravel tebing keraton bandung 3

cindiltravel tebing keraton bandung 4

cindiltravel tebing keraton bandung 8

Ada posisi batu di luar pagar yang jadi ajang para pencari foto “love terbanyak” bertaruh antara nyawa dengan posisi foto yang paling kece badai dengan pemadangan si “Tebing Keraton”. Berhubung rame, mau foto di situ aja pake ngantri padahal ga pake asuransi. Belom lagi mau ke situ aja pake mikir dulu caranya gimana, kalo kepleset kok rasanya sayang nyawa. Akhirnya dibantulah sama temen-temen cowok dan tim hore biar cewek-cewek bisa punya foto kece minimal buat profile picture o_O. Kalau mau dapet foto lebih dasyat mending ke sini pas subuh-subuh biar dapet foto pemandangan yang masih berembun atau kalau niat mending sekalian kemping ceria.

cindiltravel tebing keraton bandung 5

cindiltravel tebing keraton bandung 15

Daripada berpanas-panasan di jemur di area kosong di Tebing Keraton aku malah memilih tidur di kursi kosong, di bawah pohon pinus sambil menunggu temen-temen yang asik main ke bawah bukit pake tali tambang. Dipikir-pikir kayaknya anak gunung semua nih. Overall, untuk Tebing Keraton sebenernya sih kayak tempat piknik biasa atau bisa dibilang kayak bukit belakang rumah di kampung yang dikelola dengan baik. Berhubung jalan-jalan sama temen baru jadi lumayanlah itung-itung refreshing sambil menghirup udara segar dari pepohonan pinus yang konon dapat mengurangi stres dan emosi.

cindiltravel tebing keraton bandung 6

cindiltravel tebing keraton bandung 7

cindiltravel tebing keraton bandung 10

Setelah puas di Tebing Keraton kita berpindah lokasi ke area Goa Jepang di dekat Hutan Juanda. Begitu masuk goa, suasana gelap gulita, pastikan kamu membawa senter atau gunakan aplikasi senter pada HP biar ga jadi horor. Goa ini hanya seperti tunnel dengan stuktur bangunan yang masih kokoh. Pada ujung goa terdapat ruang terbuka yang bisa digunakan untuk beristirahat. Sayangnya hujan deras mengguyur lokasi ini, alhasil kami pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Bukit Moko.

cindiltravel tebing keraton bandung 11cindiltravel tebing keraton bandung 13cindiltravel tebing keraton bandung 12cindiltravel tebing keraton bandung 14

Ketika kami sampai di Bukit Moko, hujan tak kunjung berhenti. Berhubung hari semakin gelap dan cacing-cacing diperut sudah tak sabar menanti, kami pun sepakat menerjang hujan dengan jalanan licin menanjak, kepleset beberapa kali, untungnya masih selamat. Sampai di warung makan di Bukit Moko kami memesan menu paket serba 25ribu dengan rasa seadanya. Saat hujan berhenti kami pun keluar untuk melihat gemerlapnya kota Bandung dari Bukit Moko seperti bintang di gelapnya malam. Konon katanya tempat ini romantis, tapi kalau dingin begini mending makan dan minum gratis biar kenyang ga masuk angin. Akhirnya dinginnya kota Bandung menutup perjalanan kami menuju Jakarta.

cindiltravel tebing keraton bandung 16*beberapa foto bersama milik teman-teman ngetrip ke Tebing Keraton

2 thoughts on “Bandung : Dari Tebing sampai Goa

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *