Keliling Dunia di Taman Bunga Nusantara, Cipanas – Part 1

Taman Bunga Nusantara Cipanas_1

Setiap daerah yang memiliki iklim berbeda akan memiliki vegetasi alam yang berbeda juga. Beruntung Indonesia memiliki iklim tropis yang membuat tanaman tumbuh subur dan lebat. Untuk menikmati keindahan flora Indonesia yang beragam jenis kita dapat menemukannya di daerah Cipanas, Jawa Barat bahkan bunga-bunga dari luar benua juga dapat tumbuh subur.

Kali ini saya ingin jalan-jalan melihat hamparan bunga. Katanya ada Taman bunga di daerah Cipanas yang dikelola oleh pihak swasta dan dibuka untuk umum. Taman ini bernama Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati KM 7, Cipanas di antara Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Puncak. Perjalanan dari  Jakarta Timur menuju taman ini sekitar 98 km dengan jarak tempuh 2 jam menggunakan mobil pribadi. Sepanjang jalan menuju taman ini sudah banyak terlihat tukang penjual tanaman dipingggir jalan.

peta Taman Bunga Nusantara Cipanas

Taman Bunga Nusantara diresmikan oleh presiden Soeharto pada 10 September 1995. Taman ini memiliki total area 23 hektar yang terdiri dari berbagai macam tanaman dan bunga dari seluruh dunia.

Taman Bunga Nusantara Cipanas_3

Saat tiba di depan area parkir Taman Bunga Nusantara kita akan melihat Black Swan / Angsa Hitam (cygnus atratus) menjadi ikon Taman Bunga Nusantara karena kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi apapun seperti hewan dan tanaman yang berada di Taman Bunga Nusantara yang dapat beradaptasi dan bertahan dengan lingkungan sekitar.

Taman Bunga Nusantara Cipanas_2

Untuk masuk ke dalam Taman Bunga Nusantara maka setiap orang wajib membayar 25 ribu. Untuk mengelilingi taman kita bisa berjalan kaki tetapi jika merasa lelah kita bisa menggunakan Dotto Train atau Garden Trem dengan membayar 30ribu atau dengan mobil Wira Wiri.

Taman Bunga Nusantara Cipanas_5

Saya mencoba menaiki Garden Trem untuk masuk ke dalam taman. Ternyata selama perjalanan di garden trem kita akan mendengarkan penjelasan dari pengeras suara yang ada di dalam trem mengenai  sejarah, jenis taman dan tanaman yang di tanam di Taman Bunga Nusantara.

Berikut adalah jenis taman yang ada di area Taman Bunga Nusantara yang bisa kita kunjungi :

1. Topiary

Memasuki taman kita akan melihat berbagai macam tanaman disusun membentuk hewan. Pada bagian depan kita bisa melihat Dekorasi tanaman berbentuk burung merak dengan ukuran besar yang disusun dari 25.000 jenis tanaman dan setiap 2-3 bulan diganti jenis warna bunga dan tanaman oleh pihak pengelola. Tidak hanya replika raksasa burung merak tetapi juga ada replika lainnya seperti dinosaurus, kelinci, bebek dan lainnya.

Taman Bunga Nusantara Cipanas_4

Taman Bunga Nusantara Cipanas 8

2. Taman Air

Di taman ini terdapat berbagai macam jenis tanaman air seperti teratai dari Asia sampai dengan Sungai Amazon.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Taman Air

3. Taman Jam

Taman Jam merupakan jam berukuran raksasa dikelilingi dengan tanaman dan bunga. Jam ini tidak sekedar hiasan tapi juga masih berfungsi.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Taman Jam

4. Taman Mawar

Di taman mawar terdapat berbagai jenis mawar mulai dari warna putih, kuning, peach, merah muda, merah tua dari ukuran kecil hingga ukuran besar (king rose). Wangi harum bunga mawar sangat terasa saat melewati taman mawar ini.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Taman Mawar

5. Taman Perancis

Taman Perancis merupakan taman bergaya jaman Renaissance. Desain berbentuk geometris dan rendah dengan campuran pagar pendek. Gaya taman ini terkenal pada masa pemerintahan Raja Louis X1V di abad ke-17. Letak taman Perancis berseberangan dengan taman mawar, duduk-duduk di taman Perancis sambil mencium aroma mawar… romantiiisTaman Bunga Nusantara Cipanas Taman Perancis

lanjut membaca ke Keliling Dunia di Taman Bunga Nusantara, Cipanas – Part 2 : http://wp.me/p14pm9-7V

0 thoughts on “Keliling Dunia di Taman Bunga Nusantara, Cipanas – Part 1

  1. Pingback: Taman Bunga Nusantara | www.zaldynovial.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *