Keliling Dunia di Taman Bunga Nusantara, Cipanas – Part 2

Taman Bunga Nusantara Cipanas_1

Selain 5 taman yang sebelumnya saya lihat dan kunjungi masih taman-taman lainnya di Taman Bunga Nusantara yaitu :

6. Alam Imajinasi

Kereta yang saya naiki berhenti di Alam Imajinasi, kami pun turun untuk istirahat sejenak. Di area ini dapat digunakan untuk area piknik keluarga yang dapat digunakan untuk acara keluarga, anak-anak, sekolahan hingga perusahaan karena di area ini terdapat berbagai fasilitas mainan seperti kereta mini, ATV, Gokart, Karosel, Plembungan (bola besar yang dijalankan di air), lapangan sepak bola mini, permainan catur ukuran raksasa, dll. Dari tempat perhentian kereta saya mencoba turun ke bagian bawah untuk melihat pemandangan sungai. Jalan menuju sungai berupa tangga yang terbuat dari batu alam dan dikelilingi pohon pinus. Akhirnya kami mencoba melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki bukan dengan kereta.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Tempat bermain

7.  Taman Jepang

Bagian depan rumah ini memiliki tembok berwarna putih, pintu kayu dan kanopi depan ciri khas bangunan Jepang. Rasanya seperti ke jaman film Oshin. Memasuki pintu gerbang rumah saya melihat taman dengan pohon jenis bonsai, kolam ikan dengan jembatan minimalis, bangku taman yang terbuat dari batang kayu serta gazebo Jepang yang terletak di pinggir kolam. Pemandangan ini seperti pemandangan taman dengan arsitektur Jepang yang sering kita lihat di televisi. Jika lelah kita bisa beristirahat sejenak di dalam gazebo.

Taman Bunga Nusantara Cipanas 2

8. Taman Labirin

Dulu kala Labirin diciptakan untuk memenjarakan Minoatur, semacam siluman dalam mitos Yunani. Sekarang taman labirin dijadikan seperti tempat bermain. Kita bisa mengelilingi taman yang dipagari semak setinggi orang dewasa seluas 1 hektar untuk mencari jalan keluar. Saya memilih untuk tidak memasuki taman labirin, cukup melihat dari atas saja sepertinya sudah terlihat mana jalan masuk dan jalan keluar tanpa perlu berjalan jauh untuk mencoba 🙂

Taman Bunga Nusantara Cipanas Taman Labirin

9. Menara Observasi

Menaiki menara 4 lantai tanpa lift adalah usaha, ya setidaknya lebih baik daripada mencari jalan keluar taman labirin seluas 1 hektar. Akhirnya perjuangan menaiki tangga ini tidak sia-sia karena dari atas menara bisa melihat jejeran Gunung Gede Pangrango sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang membuat saya malas untuk menuruni tangga. Dari sini juga terlihat hampir seluruh pemandangan di area Taman Bunga Nusantara yang akhirnya membuat saya kembali turun karena penasaran dengan taman-taman yang lain yang belum saya kunjungi.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Menara Observasi

10. Taman Bali

Bali merupakan salah satu daerah yang sudah terkenal di mata internasional tak heran jika di area ini taman dari Indonesia dipilih nuansa taman Bali. Dari depan kita disambut dengan Candi  Bentar (gapura Bali, berbentuk dua bangunan serupa dan sebangun tetapi merupakan simetri cermin yang membatasi sisi kiri dan kanan pintu masuk), memasuki candi bentar kita akan menemukan Bale Bengong (gazebo, tempat terbuka untuk duduk dan bersantai), Bale Kulkul (tempat menggantungkan kentongan yang terbuat dari bambu sebagai sarana komunikasi kampung masyarakat Bali) serta kolam yang dapat dilalui dengan jembatan kecil yang dikelilingi tanaman tropis yang biasa kita jumpai di Bali seperti  Bunga Kamboja (Frangipangi), Bunga Sharon (Hibiscus) dan tanaman pisang-pisangan (Heliconia).

Taman Bunga Nusantara Cipanas Taman Bali

11. Musical Fountain

Sekilas taman air mancur ini seperti taman air mancur kebanyakan dengan gaya Eropa tetapi jika didekati ada suara yang keluar dari air mancur ini yaitu suara musik. Ya! Air mancur ini bergerak dan mengeluarkan musik dengan mengikuti pergerakan angin.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Musical Fountain

12. Danau Angsa

Di danau ini terdapat angsa putih, angsa hitam yang didatangkan langsung dari Eropa serta serta ikan-ikan yang hidup di dalam danau.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Danau Angsa

13. Rumah Kaca

Memasuki rumah kaca kita wajib membayar tiket masuk sebesar 2ribu per orang. Rumah kaca ini dibangun oleh tim ahli dari Belanda pada tahun 1994. Bangunan ini terdiri dari 3.000 panel kaca untuk menutup area seluas 2 hektar. Di dalam rumah kaca ini terdapat berbagai macam bunga bervariasi warna serta anggrek dari Indonesia dan taman kecil bergaya eropa yang cocok untuk dekorasi pernikahan.

Taman Bunga Nusantara Cipanas Rumah Kaca

14. Tempat Jualan Tanaman

Selesai mengelilingi taman-taman dari berbagai negara rasanya memang wajar jika kita ingin memiliki beberapa jenis bunga yanng ada di dalam atau sekedar membawa oleh-oleh. Kita bisa membeli tanaman yang kita lihat di dalam taman tadi di tempat ini yang terletak persis di dekat pintu keluar.

Taman Bunga Nusantara Cipanas_6

Saya tidak mengelilingi seluruh taman karena luasnya taman ini. Selain taman yang saya tulis di atas masih ada beberapa taman lainnya yang dari negara lainnya. Tetapi dari seluruh taman yang saya singgahi rasanya saya sudah mengelilingi beberapa negara di dunia. Tempat ini saya rekomendasikan bagi yang ingin mengadakan acara gathering dan membutuhkan area yang besar atau untuk foto pre wedding dengan spot-spot bagus di dalamnya. Saya cukup puas mengunjungi tempat ini karena selain pemandangannya indah, saya juga jadi sehat karena sudah olah raga jalan kaki sehat 🙂

Note :

Lokasi   Taman Bunga Nusantara

Jl. Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Kabupaten Cianjur 43254, Jawa Barat, Indonesia

Telp: 0263-581617, 581618

Fax : 0263-581616

Jam Operasional :

Senin – Jumat : 08.00 – 17.00 wib

Sabtu – minggu: 08.30 – 17.30 wib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *