Pampi Goreng si mie kwetiau versi Belitung

Hari pertama menginjakkan kami di Belitung siang hari, di bandara udara Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, kami menyinggahi Danau Kaolin dan Rumah Adat Belitong. Tentu saja rasa lapar menyelimuti kami, maka aku pun meminta Mas Efal yang menjadi driver kami kali ini mencari tempat makan enak, kenyang dan yang hemat dikantong. HAHAHAHA dasar pejalan banyak request ^__^ Bingung dengan permintaan kami, Mas Efal akhirnya mengantarkan kami ke sebuah tempat makan atau cafe kecil di dekat Pantai Tanjung Pendam. Cafe yang ternyata berada di dekat gerbang pintu Pantai Tanjung Pendam ini terlihat sederhana tetapi berjiwa muda, karena banyak anak muda yang nongkrong disini. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan harganya cukup kompetitif alias murah meriah.

cindiltravel cafe tanjung pendam

Aku menanyakan menu khas Belitung yang ada di cafe ini dan ternyata pilihannya adalah Pampi. Namanya cukup aneh di telinga, aku sendiri belum pernah mendengar. Katanya sih Pampi ini boleh dibilang kwetiau versi Belitung. Hmmm… sebagai pencinta kwetiau aku pun memilih menu ini untuk dicoba. Pampi goreng seafood pun akhirnya disajikan di meja.

cindiltravel pampi goreng khas belitung

Bentuk mie Pampi ini berukuran besar seperti mie udon dari Jepang. Berwarna dasar putih terbuat dari tepung beras, kemudian dicampur dengan tauge, sawi, telur, cumi dan udang disajikan bersama kerupuk ditaburi dengan daun seledri yang dipotong kecil-kecil. Pampi bisa digoreng atau direbus. Rasa pampi goreng yang disajikan terasa manis dengan tekstur mie yang kenyal sehingga membuat aku cukup kenyang. Harga pampi yang dijual pun tidak terlalu mahal mulai dari Rp 15.000,-. Pampi juga sangat cocok dinikmati dengan es jeruk kunci, minuman khas Belitung. Walaupun rasanya seperti mie kwetiau pada umumnya, tapi jika datang ke Belitung tidak ada salahnya mencoba MIE PAMPI khas Belitung ini.

Jadi, kapan kamu ke Belitung ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *