Menuju 3 Gili Melewati Pelabuhan Bangsal

     pelabuhan bangsal lombok

Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan untuk public boat / kapal menuju Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air atau yang dikenal dengan sebutan 3 Gili. Letak Pelabuhan Bangsal berada di daerah Lombok Utara. Untuk mencapai Pelabuhan Bangsal kita dapat menggunakan mobil pribadi, taksi, sewa mobil / travel / motor (ada tempat penitipan motor yang disewakan oleh penduduk setempat), angkutan umum.

pelabuhan bangsal 1

Berikut adalah cara menuju Pelabuhan Bangsal :

  • Jika kamu berangkat dari Bandara maka siapkan waktu sekitar 2 jam menggunakan taksi dengan biaya sekitar Rp 200.000,- jika ingin hemat bisa menggunakan bus Damri ke terminal dan dilanjutkan menggunakan angkutan ke Pelabuhan Bangsal.
  • Jika dari kota Mataram maka siapkan waktu 1 jam menggunakan taksi dengan biaya Rp 100.000,- atau bisa menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Bangsal.
  • Perjalananku sendiri ke Pelabuhan Bangsal dari Hotel di daerah Senggigi yang ditempuh sekitar 30 menit  dengan menyewa mobil dengan biaya Rp 45.000,-/ orang.

pelabuhan bangsal 2

Jika menggunakan kendaraan umum seperti angkutan atau bus, maka kita akan berhenti di dekat terminal kemudian dilanjutkan naik cidomo (sebutan penduduk lombok untuk angkutan sejenis delman) sebesar Rp 20rb untuk sampai ke dalam Pelabuhan Bangsal. Cidomo dapat diisi 4 orang.

Sesampainya di pelabuhan Bangsal aku membeli tiket kapal menuju Gili Trawangan dengan harga Rp 10.000,- / org. Sedangkan tiket menuju Gili Meno dengan tarif  Rp 9.000,-/ org dan Gili Air Rp 8.000,-/ org. Sebagai informasi tambahan public boat terakhir jam 16.00 waktu setempat. Kalau terlambat bisa sewa kapal langsung untuk pribadi.

Setelah membeli tiket seluruh calon penumpang akan menunggu di dekat kapal sambil mendengarkan pengeras suara yang akan menginformasikan jumlah penumpang serta nama kapal dan yang akan berangkat.

pelabuhan bangsal 3

Ternyata setiap kapal sudah memiliki tujuan rute masing-masing, jadi kalau kita ingin ke Gilli Trawangan maka kita akan naik kapal yang bertuliskan Gili Trawangan, jika tidak ada tulisannya maka para ABK akan menginformasikan ke kita, Sebelum naik kapal aku sempatkan diri untuk membeli air mineral dan makanan kecil untuk bekal selama di Gili Trawangan, info dari penjual sekitar Pelabuhan Bangsal harga-harga di Gili Trawangan lebih mahal termasuk air mineral. Ga mau kan bangkrut gara-gara beli air doang * maklum gampang haus ;p

pelabuhan bangsal 4

Saat naik kapal, ternyata di dalam kapal cukup besar sehingga tak heran jika para turis bule tidak masalah membawa papan surfing berukuran paling besar sekalipun ke dalam public boat ini. Saat berangkat pada bagian tengah kapal para penduduk lokal menaruh sembako pastinya untuk keperluan selama di Gili Trawangan.

pelabuhan bangsal 5

Beruntung pagi ini cukup cerah sehingga aku bisa menikmati perjalanan 45 menit menuju Gili Trawangan ditemani pemandangan laut biru, Gili-Gili dan Gunung Rinjani.

pelabuhan bangsal 6

0 thoughts on “Menuju 3 Gili Melewati Pelabuhan Bangsal

    • Hai eko. Klo dari gili trawangan naik boat dulu, dulu sebelum naik sekitar 10rb/org. Abis itu naik kayak delman 20rb keluar bangsal sekitar 20rb bisa diisi 4 org bisa minta dianterin ke terminal untuk naik angkot / naik taksi aja ke daerah senggigi. Naik taksi sekitar 30ribu minta dianter ke tempat nunggu damri. Jadi bisa naik damri langsung bandara tahun lalu 25ribu/org. Klo keluar dari gili jam 10 pagi sempet kok naik damri. Jadi hitunga aja kira2 berapa tuh.

  1. maaf mau tanya public boat terakhir dari bangsal ke praya itu jam 4 sore jalannya atau beli tiketnya terakhir jam 4 ya?
    saat ini dari Bandara Praya ke Bangsal dengan mobil apakah mungkin bisa sampai dalam waktu 1,5 jam ?

    dan untuk carter boat itu max berapa orang yang bisa naik dan sampai jam berapa ya yang terakhir jalan ?

    • Maksudnya public boat dari bangsal ke gili kali ya? Terakhir jam 4 sore setau saya.

      Bandara praya ke ke Bangsal sekitar 1.5 jam aman.

      Kalau carter boat jam terserah. Boat perahu nelayan kecil biasanya maksimal 10 org.

  2. Say kalo aq naik damri di airport ke senggigi mending turun dimana? Maksdnya yang banyak taxi dan ojek buat ke bangsal.

  3. Hallo mau tanya, kalo naik public boat itu paling akhir dari gili ke bangsal apakah jam 16.00 juga? Terus itu harga 10.000, 9.000, dan 8.000 harga sekali jalan ke 3 gili atau sudah termasuk harga untuk balik lagi ke pelabuhan bangsal? Tks

    • Hai Audi.
      Untuk public boat terakhir seingat saya masih jam 16.00

      Harga 10.000 itu hanya untuk 1 tujuan, belum termasuk biaya kembali. Jadi beli tiket hanya bisa untuk 1x.

  4. Pingback: Lombok Trip with Hani | Sankerenti's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *