Lombok : Sate Bulayak Bumbu Kari

sate bulayak

Selain Ayam Taliwang, Sate adalah makanan khas Lombok. Bahkan yang seru adalah setiap daerah memiliki ciri sate sendiri. Contohnya saat saya ke Lombok Utara, sate yang khas adalah sate dari ikan. Saat ke daerah kota Mataram, dimana-mana tertulis sate khas Narmada. Saat pulang daru Cakranegara ke Pantai Senggigi saya melihat penjual Sate Bulayak sepanjang jalan. Berawal dari penasaran, akhirnya saya mampir sebentar. Ternyata saya berhenti di Lapangan Malomba, sebuah taman kecil di tengah jalan raya. Banyak orang berjualan sepanjang jalan, kalau tertarik ya silahkan makan di atas taman dengan tikar seadanya. Ceritanya piknik malam-malam.

sate bulayak 2

sate bulayak 1

Saya menghampiri penjual sate Bulayak yang katanya khas dari daerah Narmada. Isi sate berupa daging sapi beserta dengan  jeroannya. Saya pesan 1 porsi lengkap berisi 14 tusuk yang terdiri dari sate daging, usus, lemak, ati. Sate dibakar dan dilumuri dengan bumbu santan dan dicampur dengan rempah bumbu kuning sehingga rasanya seperti pedas seperti bumbu kari bahkan belum ditambah sambal.

sate bulayak 4

Tetapi nama Bulayak itu bukan untuk sate atau bumbunya, ternyata Bulayak itu adalah nama lontong yang disajikan bersama sate. Lontong terbuat dari beras dibentuk memanjang dikuliti daun kelapa atau daun enau (nira) muda. Saat dicoba memang rasanya berbeda dengan lontong yang biasa disajikan dengan daun pisang. 1 porsi sate bulayak dengan lontong dihargai Rp 15.000,-. Murah kaaaan.

sate bulayak 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *