Lombok : Sendang Gile

sendang gile lombok

Setelah sampai di Lombok jadwal perjalananku dimulai dengan melihat peta menelusuri jalan dari Baleku Hotel di Senggigi menuju Sendang Gila ( baca : Gile) dan Tiu Kelep, yaitu salah satu tempat wisata berupa air terjun yang terletak di daerah Senaru, Lombok Utara, di kaki bukit Gunung Rinjani. Bermodalkan meminjam motor dari kenalan Mba Eka pemilik Baleku Hotel, aku mendapatkan harga sewa motor matik Rp 45.000/ hari dan berangkatlah aku ke Sendang Gile dan Tiu Kelep dengan menyusuri pinggir jalan Senggigi menuju Senaru, Lombok Utara sekitar 90km yang dapat ditempuh 1,5 jam (lebih jauh dari Jakarta – kota Bogor).

rute menuju sendang gile lombok

Perjalanan yang cukup jauh ini ditemani dengan pemandangan yang beragam mulai dari pinggir pantai Senggigi, pinggir tebing bukit Malimbu dengan pantai dibawahnya dan pemandangan berubah menjadi hamparan sawah dengan latar bukit dan pegunungan Rinjani di Lombok Utara. Perjalanan ini akan melewati Sendang Gangga, Sendang Tiu Pupus, Desa Segenter dan Kampung Bayan yang dapat disinggahi jika memiliki banyak waktu. Sayangnya waktuku tidak cukup banyak karena Sendang Gile tutup jam 5 sore.

pemandangan menuju sendang gile lombok 2

pemandangan menuju sendang gile lombok

Setelah sampai di pintu gerbang Sendang Gile kita cukup membayar tiket masuk Rp 5.000,-/orang dan dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri anak tangga sekitar 15 menit yang cukup membuat kelelahan bagi orang yang jarang olah raga tetapi pemandangan dari atas sini sungguh indah dengan hawa dingin dan pepohonan tinggi. Jika terasa lelah maka ada beberapa tempat istirahat di antara tangga.

gerbang sendang gile lombok

gerbang sendang gile lombok 2

trekking menuju sendang gile lombok

Semakin mendekati Sendang Gile kita akan mendengar gemericik air terjun yang semakin menggema. Begitu sampai di air terjun, segala rasa lelah langsung hilang melihat pelangi di bawah air terjun (ini pertama kalinya aku lihat pelangi di air terjun). Aku langsung buru-buru berlari ke bawah dan ternyata airnya dingin dan segar. Ingin merasakan refleksi alam gratis ? Cukup berdiri di bawah air terjun yang jatuh ke bagian punggung badan kita dan rasa lelah terasa hilang. Awalnya terasa sakit, tapi lama kelamaan jadi seperti refleksi.

sendang gile lombok 1

sendang gile lombok 2

sendang gile lombok 6

sendang gile lombok 3       sendang gile lombok 4

Air Terjun Sendang Gile terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya.  Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya.

sendang gile lombok 5

sendang gile lombok 7

sendang gile lombok 8

Dekat dengan Sendang Gile ada Air Terjun lainnya yaitu Tiu Kelep yang awalnya juga menjadi tujuanku. Untuk mencapai Tiu Kelep biasanya ditemani oleh guide lokal yang biasa dibayar Rp 50.000,- s/d Rp 100.000,- (jangan lupa nawar ya). Kata pennjaga toilet di Sendang Gile, Tiu Kelep ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 1 jam. Di Tiu Kelep air jatuh ke dalam sungai yang cukup dalam dan para pengunjung dapat berenang di sekitar air terjun. Sayangnya, saat aku datang sudah sangat sore sehingga tidak memungkinkan perjalanan menuju Tiu Kelep. Tapi mandi air dingin serta refleksi alam di Sendang Gile sudah membuatku cukup puas.

Yang cukup unik di Sendang Gile adalah tempat penyewaan baju dan celana untuk bermain air dengan harga @ Rp 5.000/ pc. Selain itu terdapat tempat bilas yang sangat minim (hanya bertutupkan kain) dengan biaya Rp 1.000/ org.

tempat bilas di sendang gile lombok

Jika ingin menginap di daerah Sendang Gile, terdapat beberapa penginapan / homestay di sepanjang jalan Sendang Gile – Senaru yang biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin mendaki Rinjani.

penginapan di sendang gile lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *