Tantangan Makan Belalang Tempur Yang Digoreng

 cindiltravel belalang goreng

Selain suka jalan-jalan aku juga penyuka makanan. Bahkan temen aku sampe bilang, kalau nanya jalan sama aku pasti patokannya tempat makan. Hahaha…

Rata-rata makanan yang aku suka khas Indonesia karena rasanya kaya akan rempah-rempah. Makin susah bikin kayaknya berasa makin enak *ngunyah sambil mikir bahan dan bumbu yang dipakai.

Kalau keliling suatu tempat ga nyobain makanan khas kayaknya ada yang kurang. Walaupun terkadang ga cocok sama selera, minimal aku sudah pernah cobain deh. Kadang butuh nyali seseorang ketika mencoba makanan khas daerah, padahal sih buat penduduk asli itu mah biasa.

Di Derawan, daerah Kalimantan ada makanan khas pulau ini yaitu Kima sejenis kerang laut yang biasanya diolah seperti ditumis atau dikeringkan. Karena penasaran, aku mencoba Kima tanpa proses masak alias dimakan mentah-mentah yang memang awalnya butuh trigger. Dan ternyata rasanya sangat tidak mengecewakan *fiuuh elap keringet* irisan daging Kima lolos masuk ke perut tanpa hambatan dan paksaan. Rasa daging Kima pada bagian inti seperti makan perpaduan daging kepiting yang putih bersih dengan serat tebal dan rasa mangga kweni yang manis *coba sambil mikir ya… Dan itu salah satu keberuntunganku bisa nyobain Kima segar.

Kata temen emang dasar aku suka nyoba makanan agak menguji nyali *padahal sih cuma penasaran. Tapi ada satu jenis makanan penguji nyali yang akhirnya jadi cemilan kesukaan yang kadang bikin kangen yaitu BELALANG GORENG. Kita bisa temukan belalang goreng di daerah Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta. Awalnya belalang merupakan hama bagi para petani, kemudian hama ini ditangkap dan diolah menjadi makanan yang enak, direbus dan diberi bumbu bacem kemudian digoreng.. Nyumm nyumm… Rasanya? Hmm… kurang lebih tekstur daging kayak udang kering, beberapa bagian keras seperti pada capit dan buntut, untuk rasa ada yang manis atau pedas gurih tergantung bumbu. Kata temen yang nyoba sih perpaduan makan ikan asin goreng sama semut… Hahaha… abis itu dia kapok. Dulu aku suka pesan sama teman yang asli Wonosari dan mamanya biasa buat untuk makanan sehari-hari karena memang belalang goreng adalah makanan yang dibuat untuk di rumah, tidak ada yang jual.

Sekarang ini belalang goreng sudah banyak yang jual. Kalau beruntung, kita bisa melihat susunan belalang yang ditusuk dengan tali seperti susunan petasan mercon diberi lidi sepanjang jalan di Gunung Kidul siap untuk dibeli untuk dimasak. Mari mencoba makanan Indonesia 🙂

cindiltravel belalang goreng 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *