Makanan Khas Surabaya di Soto Madura Juanda

soto madura juanda 1

Saat perjalanan pulang dari kantor tiba-tiba hujan deras daripada neduh ga jelas di pinggiran, akhirnya memilih meneduh di sebuah restoran Soto Madura di Jl. H Juanda. Saat memasuki restoran kecil ini jangan heran jika ada soto pikul di depan restoran karena dari tempat itulah soto-soto di sajikan berbeda dengan dapur restoran lainnya yang berada di area tersembunyi di belakang. Saat masuk ke dalam ternyata restoran ini sedang bernuansa Imlek mulai dari hiasan angpao di beberapa sudut pohon sampai seragam pelayan seperti pakaian orang China. Tetapi kita juga bisa melihat dekorasi utama dari restoran ini adalah dinding yang dipenuhi dengan foto jaman dahulu lengkap dengan keterangan ejaan lama seperti foto Djatinegara, Passer Tanah Abang, Passer Senen, dll yang saya lihat di sudut bagian kasir. Selain itu kita bisa melihat frame – frame yang  berisi foto dan tulisan tangan pengunjung yang datang kesini (tentunya orang terkenal). Hampir di setiap meja terdapat tulisan Soto Madura Prihandono Lazarus.

soto madura juanda 6

soto madura juanda 2

Menu yang tersedia di restoran ini menu khas Surabaya seperti Soto Madura, Rawon, Rujak Cingur, Tahu Campur, Tahu Telor, Kupang Lontong (kupang semacam kerang kecil), Oseng-oseng Kikil serta menu lain yang umum seperti Sate ayam, Mie Jawa, dll. Setelah melihat menu saya tertarik untuk mencoba Kupang Lontong, sayangnya saya belum beruntung karena menu tersebut sudah habis.

Ingin mencoba soto tapi kok rasanya saya tergoda dengan menu yang lainnya. Akhirnya saya memilih order Rawon lengkap dengan telur asin (22ribu), Tahu Campur (18ribu) dan Es Kietna (10ribu) sebagai menu minuman. Untuk nasi setiap meja disediakan nasi yang dibungkus daun pisang, jangan takut kehabisan karena bungkus nasi yang disediakan cukup banyak.

soto madura juanda 7

Ketika menu saya datang, saya mencoba Rawon yang disajikan lengkap dengan tauge besar. Daging di dalam rawon tidak terlalu banyak karena ukurannya yang besar tetapi tetap empuk. Kuah rawon rasanya tidak terlalu kental dan hangat (memang cocok untuk menu kondisi meneduh).

soto madura juanda 4

Tahu campur yang disajikan tahu yang digoreng dengan telur dan disiram dengan saus kacang yang lembut ditaburi tauge besar.

soto madura juanda 3

Yang spesial yang saya coba adalah Es Kietna, yaitu jeruk medan yang diasamkan dicampur dengan gula jawa. Pas nyoba rasanya asaaaam *_*

soto madura juanda 5

Bagi yang ingin mencoba makanan khas Surabaya silahkan mampir ke restoran ini.

Soto Madura Prihandono Lazarus
Jl. Ir H Juanda Raya No. 16
Jakarta Pusat
(021) 350 – 5673, (021) 350 – 5674

soto madura juanda alamat

One thought on “Makanan Khas Surabaya di Soto Madura Juanda

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *