Kalimantan : Maratua yang Romantis

cindiltravel maratua 1

Kali ini kami akan mengunjungi Pulau Maratua yang konon katanya sebuah pulau sepi yang menawarkan laut tenang berwarna toska dan kaya dengan biota lautnya. Kepulauan Derawan yang terdiri dari Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban ternyata memiliki asal muasal kata yaitu Derawan dari kata perawan, Maratua dari kata mertua, Kakaban dari kata kakak, Sangalaki dari kata lelaki. Beruntung aku bisa menginjakkan kaki ke Pulau ini karena Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia.

cindiltravel maratua 3

Perjalanan menuju Maratua kali ini dipenuhi dengan drama hujan badai, kawanan awan hitam menggumpal tinggi di angkasa disertai dengan suara gelegar petir dan

kilatan cahaya bergerigi yang menghujam lautan. Fiuuh… rasanya seperti menahan nafas yang penuh sesak dan cemas selama perjalanan. Sesampainya di dermaga Pulau Maratua yang merupakan sebuah penginapan “Maratua Paradise Resort” yang dibuat di atas laut, kami langsung melahap makan siang yang kami bawa dari Pulau Derawan sambil menikmati jernihnya air laut yang berada di bawah kaki kami. Ternyata hawa dingin selama perjalanan di speedboat membuat perut kami kosong melompong. Hahaha!

cindiltravel maratua 7

cindiltravel maratua 4Puas menikmati makan siang dengan lahap, kami pun mencoba untuk menceburkan dengan melompat dari dermaga ke bawah laut yang jernih berwarna toska dengan air tenang tanpa ombak ditonton oleh kawanan ikan kecil yang berenang hilir mudik kesana kemari. So sweet!

cindiltravel maratua 2

cindiltravel maratua 8

Selesai berenang menikmati jernihnya air laut yang dingin karena hujan, kami berkeliling penginapan yang sepi tanpa penghuni, melewati jembatan kayu di atas laut biru yang didekorasi dengan tanaman di kiri dan kanan, kami berjalan sambil menunggu matahari keluar dari langit gelap. Duh, kurang apa coba… penginapan ini menyajikan pemandangan indah dengan suasana tenang sampe bikin aku pengen berlama-lama, cukup duduk di pinggir jembatan aja tanpa banyak bicara, nikmatin angin semilir, romantis!

cindiltravel maratua 5

cindiltravel maratua 9

cindiltravel maratua 10

Penginapan di Maratua ini terbagi atas 2 yaitu penginapan di atas air dan penginapan di pinggir pantai. Penginapan di atas air ini dibuat menggunakan material kayu baik dari bangunan penginapan hingga fasilitas seperti jembatan dengan pemandangan air laut luas dengan pasir putih sebagai dasarnya. Seluruh bangunan di cat berwarna merah dan beberapa tempat digambar hewan-hewan laut yang lucu dan menarik untuk dijadikan background foto narsis sebagai oleh-oleh gratis.

cindiltravel maratua 6

cindiltravel maratua 12

Sedangkan penginapan di pinggir pantai disuguhkan pemandangan pantai dengan pasir putih yang luas dan rimbunan pohon kelapa. Penginapan dan fasilitas disini dirawat dengan sangat baik dan bersih tak heran jika harganya bagiku akan mencekik jika menginap disini. Penginapan disini dihargai dengan menginap yang dihitung per orang bukan per kamar karena paketnya sudah termasuk makan 3x sehari sehingga tak heran jika tidak ada yang berjualan dengan bebas. Bahkan cafe disini pun tidak menjual menu-nya bagi pendatang seperti kami. Padahal saat itu kami sempat terjebak hujan badai lagi tanpa ada stok cemilan dan minuman, terpaksa kami puasa sambil menggigil gila kedinginan menunggu hujan berhenti. Selain dilengkapi dengan cafe, penginapan disini juga menyediakan fasilitas diving gear bagi para penyuka diving.

cindiltravel maratua 11

Kegiatan yang bisa dilakukan di Maratua mulai dari berenang, snorkeling, diving, atau hanya berleha-leha di pinggir pantai atau pinggir laut di atas air, jika punya waktu juga bisa menjelajah perkampungan belakang di cottage ini. Rasanya Pulau Maratua ini bisa dijadikan tempat rekomendasi buat bulan madu para pasangan baru atau sekedar buat refreshing dari penatnya aktivitas.

cindiltravel maratua 13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *