Food & Cooking Time : Bawa Bekal ke Kantor!

Hobby aku sebenernya adalah MAKAN!

Makan apa aja yang penting judulnya baru dan enak *walaupun ada beberapa jenis makanan yang alergi, tapi tetep aja doyan makan ga bikin berhenti ngunyah. Nah entah kenapa lah kepikiran pengen banget BAWA BEKAL sendiri ke kantor dimana ada usaha tiap hari masak dan bikin menu 1 minggu sebelumnya sampe akhirnya bergeser menjadi menu BEKAL SEHAT — Gaya banget pake kata SEHAT *___*

Beruntungnya aku masih punya ke”mau”an belajar masak walaupun soal rasa masih dibilang standar atau “rata-rata lah yaaa”. Tapi bikin menu dan masak sendiri itu ternayata bisa bikin SEMANGAT bawa bekal ke kantor karena selalu ditanya sama temen kantor : hari ini bekalnya apa ? Begitu bekal dibuka, semua langsung icip rame-rame.

cindiltravel-bawa-bekal-grilled-salmon

Grilled Salmon yang menggoda bukan ?

Dan ternyata sekarang sudah genap 1 bulan bawa bekal ke kantor setiap hari dari Senin sampe Jumat! Yaaaaay! Rasanya mau tepuk tangan sorak sorai bergembira, padahal sih perjuangan bangun pagi demi masak bekal sehat itu… ya ampuuuun BERAT! seberat beban lemak di tubuh *weeeek o__O

Berhubung kemarin udah posting di Facebook album foto-foto masak beserta dengan resepnya atas permintaan temen-temen di FB, jadilah kepikiran posting juga di Blog cindiltravel, walupun rata-rata blog ini isinya tentang makanan selama travel tapi ga ada salahnya kalau posting tentang makanan enak bekal ke kantor. Siapa tau bikin yang baca jadi pengen ikutan bawa bekal dengan menu sehat ke kantor yang ga perlu ribet.

Selama ini menu yang dibawa selalu bekal makan siang sampai malam, karena aku makan siang secukupnya dan biasanya jam 6 sore lanjutin makanannya. Dan ternyata banyak temen yang nanya tentang bekal dan menu makan yang aku bawa. Duh berasa artis ajaaaa -__-“

Dari sekian pertanyaan, mending aku rekap aja diselingin dengan foto-foto bekal makan aku *padahal lagi males banget nulis blog. Q maksudnya Question/ Pertanyaan, A maksudnya Answer/ Jawaban.

Q : Kok tiba-tiba niat mau masak ?
A : Iseng bikin 1 month challenge #bawabekal masak sendiri biar sehat aja. Trus ceritanya ada reward biar makin semangat.

cindiltravel-bawa-bekal-nasi-goreng-mentega

awal-awal bikin menu gampang, simpel, yang penting kenyang!

Q : Ga capek tiap hari masak ?
A : Engga kok! Bisa diakalin potong-potong dan siapin bahan dari malam. Jadi pagi tinggal masak. Paling lama masak pagi hari 45 menit. Tapi malesnya adalah bangun pagi-nya *maklumlah pasukan kesiangan 😛 😛 😛 Tapi sekarang aku juga bikin 1 hari ga masak cuma makan buah aja, padahal sih biar bisa tidur lebih lamaaa ^__^ tapi kan efeknya positif makan buah juga dan berasa diet.

cindiltravel-bawa-bekal-buah-naga

Q : Emang kuat makan cuma segitu ?
A : Kuat kok! Asal niat. Fyi, aku pernah kok 6 bulan diet tanpa karbohidrat (ga makan nasi, kentang, roti dan semua yang berasal dari karbohidrat) kalau itu emang gara-gara berat badan naik drastis dan kelebihan beberapa nutrisi dalam tubuh. Nah caranya jangan langsung cut off semua makanan, tapi bertahap mulai dari kurangi porsi makan sampai berubah jadi menu sehat.

cindiltravel-olive-oil

masak pakai bahan sehat, olive oil yang bisa juga jadi dressing salad.

Q : Mau kurusin badan ya?
A : Engga kok, niatnya emang mau jaga makanan biar SEHAT, buktinya timbangan ga turun. Konon katanya tubuh kita cerminan dari apa yang kita makan. Kalau kita menjaga dengan makanan sehat, cukup nutrisi dan bahan yang segar bikin kita jadi lebih sehat. Aku juga coba pakai bahan-bahan yang sehat kayak olive oil untuk tumis atau memanggang, tidak terlalu sering pakai bahan makanan dengan bahan pengawet kayak nugget, dan lainnya. 2 minggu pertama makan selalu pakai nasi / karbohidrat, sore hanya lauk atau sayur. 2 minggu berikutnya sudah mulai tidak makan nasi menggantinya dengan lebih banyak lauk, sayur dan buah.

cindiltravel-bawa-bekal-buah

seharian makan cuma buah aja????Kuat kok!

Q : Kalau timbangan ga turun terus apa yang berubah ?
A : Jelas budget makan siang jadi lebih berkurang banyak (bisa nambahin buat liburan), jadi rajin bangun pagi, dan entah kenapa badan berasa lebih enteng dan jarang ngeluh sakit. Biasanya 1 bulan suka bolos minimal 2 hari *udah sering cuti ditambah bolos –Ampuuuuun. Dan pastinya mengasah kemampuan memasak dengan berbagai menu makanan *siap buka warteg 😀 😀 😀

cindiltravel-bawa-bekal-sapo-tahu

Q : Yakin menu makan hanya itu aja seharian? Ga ada temen-temennya alias snack ?
A : Selama ga olahraga berat kayak berenang (maklum aku klo berenang bisa seharian *mungkin dulunya reinkarnasi putri duyuung o__O) biasanya hanya minum air putih dan teh manis. Sekali lagi yakinlah kalau kamu bisa! Kalau kata papa, anggap aja lagi puasa prihatin.

cindiltravel-bawa-bekal-beef-curry

Nyoba-nyoba resep baru bikin beef curry.

Q : Apa bedanya masak sendiri sama beli katering sehat ?
A : Klo soal sehat mungkin sama ya. Tapiiii… KEBAHAGIAAN setiap cewek adalah adalah bisa nawar atau belanja dengan harga lebih murah. Nah, kalau masak sendiri harga 1 porsi menu katering sehat kadang bisa buat beli bahan masakan 1 keluarga! Tips : Belanjalah di malam hari, saat truk pengangkut sayur baru tiba di pasar. Dijamin si abang kasih harga penglaris tanpa perlu capek nawar 🙂 🙂 🙂

cindiltravel-bawa-bekal-pisang-susu

Q : Belajar masak dari mana ?
A : Browsing menu di social media kayak Facebook, Instagram sampe nemu web masak yang kasih resep sampai langkah-langkah masak. Kalau rasanya ga enak, toh yang makan diri sendiri kok, belum dijual 😀 😀 😀 Tapi untungnya semua masakan aku masih bisa dimakan dan dibilang lumayan enak sampe minta dibikin katering kantor *seolah menghibur diri. Jadi ga pernah ada kata terlambat buat belajar masak kok! Dan setiap mau belanja mingguan, aku bikin dulu jadwal menu setiap hari mulai dari jenis karbohidrat, lauk, sayur / buah. Membuat list menu harian memudahkan kita juga buat membuat list belanjaan dan pastinya bikin biaya belanja ga kemana-mana.

cindiltravel-bawa-bekal-beef-steak

berhasil bikin STEAK cuma cari resep di instagram!

Dan masih banyak pertanyaan datang setiap buka menu bekal di kantor. Tapi senengnya, sekarang temen-temen kantor ikutan bawa bekal walaupun hanya cuma sekedar bawa buah.

Ada beberapa temen yang ikutan posting #weekdaychallenge #bawabekal #savemoney sampai whats app kirimin foto bekal sehat-nya ke aku *jadi malu, soalnya aku sendiri ga sehat-sehat amat bekalnya T_____T

Yuk, ikutan bawa bekal dan share menu makan-mu!

cindiltravel-bawa-bekal-ayam-goreng

One thought on “Food & Cooking Time : Bawa Bekal ke Kantor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *