Mie Ayam Yunus – Mie Ayam Wonogiri di Jakarta

Mie Ayam Yunus Tebet 1

Mie ayam memang menjadi salah satu makanan selingan atau bahkan menjadi makanan utama bagi kebanyakan orang. Mie ayam enak dinikmati saat cuaca hujan maupun panas. Mie ayam dijual mulai dari tukang keliling, pinggir jalan hingga restoran di mall. Mie ayam setiap daerah pun memiliki ciri rasa yang berbeda. Setelah mencoba beberapa mie ayam dari berbagai daerah, salah satu mie ayam favorit saya adalah mie ayam dari Wonogiri, kabupaten di Jawa Tengah. Kalau berada di daerah Yogya, Solo atau Jawa Tengah pasti tidak sulit untuk mencari mie ayam asli Wonogori. Bagaimana jika di Jakarta?

Saya menemukan rasa mie ayam Wonogiri ada di Mie Ayam Yunus yang berada di Jl Tebet Barat Dalam VIII D, di jalan samping Pasar Tebet Barat. Ketika memasuki tenpat makan ini, seperti kebanyakan tempat makan mie ayam di daerah asalnya, ruangan dipenuhi dengan meja dan bangku bakso (bangku panjang). Jangan heran kalau susah mencari bangku saat jam makan siang atau makan malam karena cukup banyak orang yang makan disini.

Mie Ayam Yunus Tebet 2

Rasa mie ayam Yunus ini seperti mie ayam Wonogiri kebanyakan. Mie manis karena bumbu ayam yang dibacem dengan sedikit campuran minyak sayur. Coba order mie ayam bakso special seharga 18ribu maka akan datang 1 porsi mie ayam lengkap potongan ayam dan sayur sawi disajikan dengan 1 pangsit goreng, 3 bakso kecil dan 1 bakso besar. Untuk porsi saya ini bukan sekedar makanan jam 3 sore tapi termasuk kategori porsi makan siang karena porsinya yang besar. Pangsit goreng berbeda dengan pangsit mie ayam kebanyakan karena ketebalannya lebih terasa sedangkan untuk bakso tidak menggunakan banyak gajih / lemak sehingga rasanya tidak terlalu berat.

Mie Ayam Yunus Tebet 4

Untuk bumbu tambahan silahkan pilih kecap manis, saos sambal, gilingan cabe (warna kuning), cuka, daun bawang dan yang menarik adalah Kecap Asin Golden Bowl Soy Cap Mangkok Mas buatan Pabrik Kecap Sin Li yang belum pernah saya temui di tempat mie ayam mana pun.

Mie Ayam Yunus Tebet 3

Jika anda tidak ingin makan mie ayam maka bisa memesan bakso. Harga yang ditawarkan Mie Ayam Yunus tidak terlalu mahal jika melihat porsinya yaitu bakso seharga 13ribu, mie ayam sekitar 13 ribu hingga 18 ribu dan minuman dari 3 ribu hingga 6 ribu (es campur).

Penasaran ingin mencoba mie ayam dari Wonogiri? Silahkan coba Mie Ayam Yunus dulu sebelum mencoba ke tempat aslinya di Wonogiri.

Peta Lokasi Mie Ayam Yunus Tebet

2 thoughts on “Mie Ayam Yunus – Mie Ayam Wonogiri di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *