My Wish List 2014

Tahun baru 2014 udah lewat. Sebenernya pengen banget ngeposting sesuatu, tapi gara-gara liburan terus dilanjut tenggelam dengan kesibukan akhirnya baru sempet sekarang. Tapi ga ada salahnya kan mau ngucapin Selamat Tahun Baru 2014 buat semuanya, semoga Tahun 2014 semua keinginan bisa terwujud. Amin.

new year 2014

Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk menghabiskan Malam Tahun Baru. Ada yang berdoa bersama keluarga, merayakan dengan makan bersama keluarga maupun orang tersayang. bahkan ada yang malah “menyepi”, atau malah menganggap hari pergantian tahun itu sama saja. Aku sebenernya sih menganggap hari pergantian Tahun Baru sama saja dengan hari biasa, karena ada yang bilang semua hari itu baik. Tapi aku cukup senang karena diberikan hari libur sehari yang bisa kugunakan untuk berjalan-jalan. Contohnya tahun ini ke Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur.

Foto kembang api di atas aku ambil di Pantai Derawan walaupun ga secantik pakai kamera DSLR, tapi cukup puas deh liat langsung.

Salah seorang menanyakan resolusiku di tahun 2014. Dan aku jawab : Aku mau ke Maluku! Tapi menurutnya itu bukan resolusi. Aku tanya, resolusi itu apa? Ia mencontohkan misalnya ingin hidup sehat. Oh oke, sepertinya resolusi adalah sesuatu yang merubah kita menjadi lebih baik. Tapi aku pikir semua orang pada dasarnya juga ingin hidup lebih baik kan?

Banyak orang memanfaatkan Tahun Baru sebagai moment untuk memiliki resolusi baru. Itu hal baik, tapi sebenernya kalau aku pikir-pikir lagi, resolusi tidak perlu menunggu tahun berganti loh. Kalau niat pasti bisa dilakukan hari ini juga.

Jadi inget niat aku pengen berat badan turun, akhirnya aku coba diet ga makan karbohidrat seperti nasi, kentang, roti mengganti dengan sayur : labu siam kecil, wortel atau jagung. Awalnya cobaan terasa berat tapi akhirnya ternyata aku mampu 3 bulan hidup tanpa karbohidrat. Berat badan turun 7 kgĀ  dalam 3 bulan. Berkat niat itulah aku sekarang mulai sadar hidup sehat sedikit demi sedikit, mengatur pola makan dan olah raga.

makanan

Akhirnya aku lebih setuju memiliki wish list pergi ke tempat baru! Percaya atau tidak, setiap tahun aku membuat wish list tempat yang ingin aku kunjungi. Dan aku sadar di akhir tahun bahwa ternyata beberapa tempat itu sudah aku kunjungi saat aku membuka buku wish list-ku. Tahun 2013 aku ingin pergi ke : Karimun Jawa, Krakatau dan Kakaban. Dan beruntung semua aku sudah kunjungi di tahun 2013. Aku percaya semua berkat kekuatan kata-kata yang akhirnya menjadi doa untuk mencari jalannya sendiri tentu saja dengan usaha ya.

QUOTES

Di Tahun 2014 ini ada beberapa tempat yang ingin aku kunjungi, kebetulan semuanya cukup jauh yang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak. Jika ada 1 tempat saja yang aku kunjungi, aku cukup bersyukur. Tapi jika ternyata semua tempat bisa aku kunjungi itu benar-benar kekuatan doa.

Oke… Berikut adalah wish list tujuan perjalananku :

1. Maluku

maluku

Kepulauan Maluku adalah sekelompok pulau di Indonesia yang merupakan bagian dari Nusantara. Kepulauan Maluku terletak di lempeng Australia. Ia berbatasan dengan Pulau Sulawesi di sebelah barat, Nugini di timur, dan Timor di sebelah selatan, Palau di timur laut. Pada zaman dahulu, bangsa Eropa menamakannya “Kepulauan rempah-rempah”. Kepulauan Maluku sering diuraikan dalam literatur pariwisata memiliki 999 pulau; 90% dari wilayah tersebut adalah laut dengan 77.990 km2 daratan, dan 776.500 km2 lautan. Tempat wisata yang bisa dikunjungi tentu saja keindahan Laut seperti Pantai Natsepa, Pantai Ora, Pantai Pintu Kota yang memiliki batu karang yang besar yang menyerupai pintu.

Rencananya aku mau pergi bulan April, tapi sampe sekarang sih masih dag dug… Pergi sama siapa? *masih mikir *nanti pasti ada jalan…

2. Pulau Komodo

pulau komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo yang merupakan kawasan Taman Nasional Komodo. Letak Pulau Komodo berada di kawasan Wallacea yaitu pertemuan dua benua yang membentuk deretan unik kepulauan bergunung api, dan terdiri atas campuran burung serta hewan dari kedua benua Autralia dan Asia. Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini. Tidak hanya Komodo, pulau sekitarnya memberikan pemandangan indah padang savana dan keindahan pantai dengan pasir berwarna pink yang sering disebut dengan Pantai Pink.

Untuk menuju ke Pulau Komodo kita bisa menggunakan pesawat tujuan Labuan Bajo dan melanjutkan menggunakan perahu. Tapi rasanya aku lebih tertarik menggunakan perahu dari Lombok menuju Pulau Komodo selama 3 hari 2 malam tinggal di atas laut. Lebih menantang kayaknya :p

3. Wakatobi

wakatobi

Kabupaten Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan nama dari keempat pulau utama tersebut. Sebelum 18 Desember 2003, kepulauan ini disebut Kepulauan Tukang Besi dan masih merupakan bagian dari Kabupaten Buton. Wakatobi memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Taman Nasional Wakatobi yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta hektar, menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus. Tidak hanya itu Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari Manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari Manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis.

Beberapa orang yang pernah kesini menjelaskan bahwa untuk mencapai pulau ini cukup susah untuk transportasinya. Semoga tahun 2014, transportasi menuju tempat ini sudah lebih baik.

4. Raja Ampat

raja ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong (hiu karpet), dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Mengunjungi Pulau in memakan waktu dan biaya cukup besar. Kita dapat menggunakan penerbangan dari Jakarta ke Sorong selama 6 jam dan dilanjutkan menggunakan speed boat. Selain keindahan bawah laut, pemandangan alam seperti pantai-pantai berpasir putih, gugusan pulau-pulau karst kekayaan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek menjadi tujuan wisata bagi orang yang tidak dapat menyelam.

Bulan Oktober atau November adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Raja Ampat karena lautnya tenang dan sempurna.

Beberapa penjelasan mengenai tempat wisata di atas aku dapat dari sumber wikipedia dan website resmi Indonesi travel. Sudah kebayang kan indah-nya Indonesia? Makin pengen menjelajahi Indonesia yang rasanya ga akan ada habisnya.

Pengalamanku sehabis liburan itu memang bisa bikin semangat untuk menjalani rutinitas. Jadi tunggu apalagi… Mari menabung dan berdoa untuk bisa terus jalan-jalan šŸ™‚

quotes 3

0 thoughts on “My Wish List 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *