Pertama Kalinya Menonton Sirkus : The Great World Circus

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 1

Aku mendapatkan tiket gratis menonton sirkus : The Great World Circus yang ada di Summarecon Mal Serpong. Awalnya sedikit malas dateng karena  lokasi mall yang cukup jauh dari rumah tetapi berhubung aku ga pernah nonton sirkus professional yang didatangkan langsung dari berbagai negara ke Indonesia maka akhirnya aku berangkat juga. Maklum dari dulu paling nonton atraksi sirkus ya di pasar malam Sekaten di Yogya atau di televisi.

Sebuah sirkus adalah sekelompok orang yang berkelana untuk menghibur penonton dengan atraksi akrobat, badut, binatang terlatih, aksi trapeze, berjalan di atas tali, juggling, sepeda roda satu, dan hiburan-hiburan lainnya. Kata ini juga mendeskripsikan kegiatan yang mereka lakukan, yang biasanya merupakan atraksi atau aksi-aksi yang dipadukan dengan musik atau efek suara lainnya.

Sirkus modern berasal dari zaman Romawi Kuno. Kata sirkus berasal dari kata circus maximus. Circus berarti lingkaran dan maximus berarti hebat atau besar. Orang Romawi membangun sebuah lingkaran tempat duduk yang besar, yang dapat ditempati oleh ribuan orang penonton pertunjukan. Pada tahun 1830, seorang manajer sirkus, Aaron Turner menciptakan tenda melingkar dengan atap runcing yang disebut Big Top dalam bahasa Inggris (sumber : wikipedia).

Harga tiket pertunjukkan menurut aku cukup mahal yaitu kelas VVIP harga Rp 400.000, kelas VIP harga Rp 300.000, Kelas Utama harga Rp 250.000 dan Kelas Satu harga Rp 100.000. Beruntungnya… aku dapet tiket gratis kelas VIP yang jaraknya cukup dekat dengan area atraksi 😀

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 2

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 3

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 4

Para penonton didominasi oleh keluarga dengan anak-anak. Tetapi cukup banyak keluarga dari warga negara asing yang ikut menonton. Rasanya hiburan sirkus di luar negeri lebih booming dibanding di Indonesia. Begitu masuk Big Top aku langsung disambut dengan atraksi Dog Show dari Rusia.

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 5

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 6

Kemudian dilanjutkan dengan atraksi badut lucu dan menghibur dari Amerika. Penonton juga diajak untuk bermain bersama ke tengah arena.

Saat Trapeze dari Rusia beraksi dengan tema sailorman aku mulai semakin tertarik untuk menonton. Gerakan para pemain adalah gerakan loncat indah hanya dengan tali.

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 8

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 10

Selanjutnya adalah African Acrobat dari Zimbabwe, Afrika. 3 orang Afrika menari seperti gerakan Capoeira diiringi dengan musik. Atraksi dilanjutkan dengan menyusun bangku sampai sekitar 4 meter. Wow…

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 7

Pertunjukan lainnya adalah Cat Show dari Amerika dimana kita akan disuguhkan atraksi para kucing seperti sedang nge-gym… Abis lucu-lucu. Dan paling ekstrim adalah si kucing bermain dengan tongkat yang ke dua ujungnya ada api.

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 9

Contortionist & Aerial Silk dari China adalah salah satu kesukaanku. Gerakan tarian indah nan dinamis antara penari yang berada di bawah dengan sepasang pemain utama yang menari bergelantungan di atas hanya menggunakan kain selendang panjang…. Romantis dan menegangkan pastinya.

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 11

The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 12

Dan yang terakhir dan paling menegangkan adalah Wheel of Death dari Brazil & Amerika. Alat yang digunakan seperti yang aku lihat pada alat bermain hewan marmut. Pemain atraksi ini berlari di dalam maupun roda. Dan yang paling menegangkan adalah mereka loncat melayang saat roda berada di atas dengan kepala ditutup dengan kantung hitam. Ini adalah bagian penutup dan yang paling spektakuler yang aku lihat dalam sirkus ini. The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 13 The Great World Circus Summarecon Mall Serpong 14

Oh ya… ternyata salah satu pengisi atraksi ini ada orang Indonesia yang menyuguhkan atraksi Magic.

Perjalanan jauhku dari rumah menuju Summarecon Mall Serpong ternyata tidak membuatku menyesal karena acara The Great World Circus cukup menghibur dan tidak mengecewakan. Walaupun sebenernya dari tadi aku menunggu kapan ya Macan sama Gajah-nya keluar 😛

One thought on “Pertama Kalinya Menonton Sirkus : The Great World Circus

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *