Sulawesi : Onde Labu & Tetu Nangka Primadona Menu Buka Puasa di Palu

Setelah kemarin bahas menu gurih-gurih dari Sulawesi, kali ini cindiltravel mau bahas menu makan manis-manis buat buka puasa. Biasanya dan katanya yang puasa, paling enak tuh berbuka puasa pake yang manis-manis. Ya udah minum air putih sambil liat aku aja kakak *minta dilempar pake Aqua. HAHAHAHAHAAA. Daripada menghayal GJ (ga jelaaaas) mending bahas makanan yang beneran manis.

Menu manis yang aku coba dari Sulawesi ini adalah menu jajanan pasar, itu loh makanan kecil yang dijual di pasar tradisional. Jajanan pasar itu makanan  kegemaranku, klo bisa malah setiap jalan bisa blusukan ke pasar terus jajan deh. Nah jajanan pasar pertama yang aku coba yaitu Onde Labu. Jangan pikir onde itu kayak yang dijual di Jakarta, warnanya coklat terus digelindingin di hamparan biji wijen lalu digoreng, dan pas gigit keras boook *jebakan betmen deh klo itu. Nah Onde Labu dari Sulawesi Tengah itu penampakannya malah kayak kue klepon yang dijual abang-abang dengan suara nyaring keluar dari cerobong bambu. Bedanya, ONDE LABU ini berbahan dasar buah labu kuning yang menyehatkan dan terasa manis. Buah labu kuning dihaluskan, dicampur dengan tepung ketan, gula halus dan garam. Dibuat pipih dan diiisi dengan gula merah dan di kukus. Setelah matang, bola bola labu ini dilumuri dengan kelapa parut. Rasanya pun manis dan gurih dengan kejutan gula merah di setiap isian ONDE LABU *padahal berharap isian berlian -abis itu keselek X_X

cindiltravel tetu nangka onde labu khas sulawesi tengah

kue basah khas Sulawesi Tengah

Nah menu yang aku coba dan paling unik adalah TETU NANGKA. Sebenarnya Tetu ada 3 jenis rasa yaitu nangka, durian dan manis gula. Tapi sayangnya tinggal rasa nangka yang tersedia, ya udah sih gpp cobain aja. Dari bentuknya, si TETU NANGKA ini katanya mirip kayak perahu dengan bungkus daun pandan. Cara makannya pun disendok saja. Dan saat disendok ternyata ada 2 lapis. Lapisan atas berisi potongan buah nangka dan kue basah berwarna putih terlihat padat tapi sebenarnya lembut yang terbuat dari adonan tepung terigu yang sudah dicampur santan, gula dan garam yang dicampur. Sedangkan lapisan dibawahnya terbuat dari gula merah cair. Adonan Tetu kemudian dimasukan ke dalam cetakan daun pandan dan dikukus hingga matang, wangi adonan santan pun menyatu dengan wangi pandan.

Ketika 1 sendok Tetu Nangka masuk ke dalam mulutku, rasa gurih santan berpadu dengan manisnya gula merah cair dan segarnya buah nangka. Rasanya mengingatkanku pada bubur sumsum khas pulau Jawa. Tapi katanya ini “puding tradisional” khas Palu dengan rasa yang khas. Rasanya buka puasa pastinya terasa nikmat dibuka dengan dengan Tetu Nangka dan secangkir teh hangat.

Jadi apa menu buka puasamu hari ini ?

 

One thought on “Sulawesi : Onde Labu & Tetu Nangka Primadona Menu Buka Puasa di Palu

  1. Pingback: Sulawesi : Onde Labu & Tetu Nangka Primadona Menu Buka Puasa di Palu — Cindiltravel | Suetoclub's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *