Lombok : si Pantai Kuta-nya yang ada di Lombok

Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 1

Kalau denger Pantai Kuta pasti pertama kali yang dipikir Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali. Iya memang pantai Kuta di Bali sudah sangat terkenal dan jadi salah satu ikon-nya Bali. Tapi kali ini aku sedang jalan-jalan ke Pantai Kuta yang ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Lombok, sekitar 30 menit. Tetapi jika dari Mataram jaraknya cukup jauh sekitar 72 km atau 90 menit berkendara. Jika ingin ke Pantai Kuta ada baiknya menyewa kendaraan seperti motor atau mobil karena kendaraan umum disana masih jarang, walaupun ada taksi tapi kalau sudah sore kendaraan sulit disini. Tapi tidak perlu khawatir jika memang harus menginap di Pantai Kuta karena sudah banyak hotel atau homestay walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga hotel di Pantai Sengigi maupun kota Mataram.

Kebetulan aku menginap di Hotel Anda yang lokasinya persis di depan Pantai Kuta, jadi ga perlu jauh-jauh kalau mau melihat kecantikan pantai Kuta. Karena jaraknya yang dekat jadi aku memang berniat untuk menyaksikan matahari terbit di Pantai Kuta. Pagi-pagi gelap buta aku keluar hotel, sebenernya rada takut juga sih soalnya sepiii banget daerahnya. Tapi ya udahlah ya… Aku menyusuri pantai di kegelapan sampai akhirnya menemukan bebatuan karang di dekat laut. Aku pun menapakkan kaki ke bebatuan karang yang ditumbuhi hanya satu pohon dan menunggu matahari terbit di sana.

 Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 5

Dan ternyata saat matahari keluar dari balik bukit pemandangannya sungguh menakjubkan. Serasa melihat lukisan yang bergerak dari langit gelap menjadi ungu dan matahari yang keluar perlahan dari balik bukit dengan malu-malu ditemani gerombolan awan berarak-arak berubah menjadi biru. Duuh romantis banget liat perubahan langit yang menakjukan ini *ngeces*

 Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 12Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 10

Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 6Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 4

Yang membuat Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di Bali adalah perpaduan pemandangan bukit-bukit yang cantik seperti piramida mengelilingi pantai, air lautnya masih tampak bersih dan yang paling unik adalah bentuk pasir pantainya seperti butiran merica yang terhampar luas sepanjang pantai. Di pinggir pantai kita bisa melihat terumbu karang yang masih hidup dan segar… bahkan aku menemukan beberapa tumbuhan laut yang terbawa arus di pasir pantai. Lucuuu… rasanya mau dibawa pulang tapi kan kasian.

 Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 11

Di Pantai Kuta kita bisa berenang sepuasnya karena airnya cukup tenang *padahal langsung menghadap Samudera Hindia* atau bermain banana boat, snorkeling, windsurfer atau jetsky. Pantai ini masih tergolong sepi dibanding pantai lainnya.

 Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 9

Kita juga bisa membeli oleh-oleh khas Lombok di daerah Pantai Kuta seperti kain pantai dengan motif khas seperti lambing cicak atau motif bunga, kaos serta kain songket khas Sasak. Harga yang dijual cukup mahal dibandingkan dengan Bali, mungkin karena memang Lombok belum terekspos seperti Bali. Jika memang tidak tertarik untuk membeli sebaiknya tidak usah bertanya karena sekali bertanya, akan susah untuk menghindari bujukan mereka untuk membeli. Penjual disini lebih aktif bila dibandingkan penjual di Pantai lainnya.

Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 8Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 2

Pantai Kuta Lombok Cindiltravel 7

One thought on “Lombok : si Pantai Kuta-nya yang ada di Lombok

  1. Pingback: Tulisan Blog Cindiltravel | CINDILTRAVEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *