Lombok : Pantai Surga yang Tersembunyi

Pantai Surga cindiltravel 1

Setelah puas main-main di Pink Beach dan Tanjung Ringgit rute berikutnya adalah ke Pantai Surga. Supir yang membawa aku ga tau dimana lokasinya Pantai Surga yang katanya surga-nya para surfer. Dia sempet nawarin aku ke Pantai Ekas sebagai gantinya karena sepanjang jalan menuju ke Pantai Surga yang terletak dengan Teluk Ekas, kecamatan Jerowaru ini tidak ada plang penunjuk arahnya. Tapi dasar aku yang keukeh tetep mau ke tempat yang masih sepi itu akhirnya sang supir pun ikut sama pilihan aku. Ya iyalah… kan yang bikin jadwal aku.

Kita nanya-nanya sama penduduk lokal dan sempet nyasar sampe dua kali. Jalannya pun lumayan hancur dan berdebu karena sedang musim kemarau, berasa banget usahanya mau liat yang namanya Pantai Surga. Serasa harus melewati neraka sebelum sampai ke surga *lebaaay. Eh pas dijalan tak beraspal, di kanan jalan ngeliat batu bertuliskan “Heaven on The Planet” pasti mikir udah sampe dong… eeeeh ternyata belom juga *penonton kecewa*. Kita harus maju lagi beberapa kilo meter dan menemukan sebuah jalan diantara semak-semak dan ilalang tinggi di kanan jalan. Kalau ga tau ya lewat aja, seperti aku yang awalnya ga “ngeh” itu sebenernya jalan menuju Pantai Surga karena beneran ga ada plang atau apapun. Akhirnya kita nyasar lagi dan dikasih tau penduduk lokal kalau kita mau nyasar ke jalan buntu yang ga bisa lewat mobil. Supir puter balik dan nekat masuk jalan semak-semak di kanan jalan tadi. Pas berada dijalan itu aku yang didalem mobil rasanya kok ngerasa lagi ngebelah jalan pake parang, badan serasa kena besetan ranting pohon dan ilalang *padahal sih itu suara body mobil yang disayat-sayat sama ranting… kalau mobil sendiri sediiih* Sempet foto tapi hasilnya goyang semua sangking jalannya ga rata.

 Pantai Surga cindiltravel 2a

Akhirnya sampailah kita berada di ujung jalan dengan gerbang di depannya. Begitu masuk ke dalam gerbang ternyata ada resort atau villa tak berpenghuni. Aku keliling resort ini, yang terdiri dari beberapa kamar, kolam renang, ruang makan seperti pendopo, dapur dan gazebo di dekat pantai. Di resort ini sebagian barang-barangnya masih ada seperti di dapur yang peralatannya masih komplit hanya saja kotor tak terawat.

 Pantai Surga cindiltravel 7Pantai Surga cindiltravel 8

Aku pun semangat berjalan ke arah pantai. Dan pas liat aku melongo “dimana surganya? Kok yang ada malah kura-kura?” Supirnya pun ketawa mendengar aku ngomong gitu. Kalau menurut aku ya, pantai ini harusnya disebut pantai kura-kura soalnya bukit di sebelah kiri sangat mirip dengan kura-kura.

Pantai Surga cindiltravel 4

Daripada bingung kenapa disebut surga mending kita main disekeliling pantai. Di kiri dan kanan pantai ini terdapat tebing kapur yang tinggi. Saat aku datang kebetulan pantai sedang surut jadi karang-karang laut terlhat jelas dan kita bisa berjalan jauh ke arah laut tanpa takut terkena ombak. Tapi harus berhati-hati karena banyak karang laut yang berukuran besar.

 Pantai Surga cindiltravel 3

Panas terik matahari sangat panas apalagi menginjak kaki di pasir pantainy yang berbentuk seperti butiran merica yang berukuran besar bercampur dengan karang laut yang sudah mati, cukup membuat kaki sakit. Karena pantai-nya sepiiii banget jadi kita bisa berjemur. Atau kita juga bisa berleha-leha di gazebo dengan semilir angina dari hembusan angin pantai ke rindangnya pepohonan di area resort. Kalau suka memancing, disini juga bisa karena akku melihat beberapa orang lokal sedang mancing ditengah laut.

 Pantai Surga cindiltravel 9

Ga lama pas lagi main-main jalan di pinggir pantai, supir memanggilku dan mengajak untuk segera keluar dari tempat ini agar bisa mampir ke Pantai lainnya. Aku sih setuju aja. Pas di dalam mobil, supirku ini cerita kalau tadi ngobrol dengan orang. Ternyata resort ini ditinggal pengelola karena banyak tamunya yang dirampok sebelum sampai ke resort ini. Memang tempatnya cukup jauh dari jalan besar dan sepi. Duh makanya barang-barang yang ada di resort ini masih lengkap karena pengelola langsung meninggalkan resort ini tanpa membawa apapun.

 Pantai Surga cindiltravel 6

Diluar cerita yang ga enak tentang resort ini, aku sih seneng banget bisa ke sini. Ga semua orang punya kesempatan kesini apalagi bebas main di resort. Mending sih memang bawa orang lokal atau main ramai-ramai saat ke pantai surga karena tempatnya beneran sepiii diantara rindangnya pepohonan di sekitar resort dan tebing-tebing yang memagari pantai. Ga nyesel juga kok bisa ke Pantai Surga yang tersembunyi di Lombok.

 Pantai Surga cindiltravel 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *