Kalimantan : Derawan yang Menawan

cindiltravel derawan 1

Pengen sekali rasanya menginjakkan kaki ke seluruh Pulau di Indonesia, tapi rasanya ga akan habis karena pulau di Indonesia kan banyak sekali. Lebih baik mencoba pulau-pulau gugusan besar dulu saja seperti Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Aku pun mencoba memilih titik yang memungkinkan untuk didatangi yaitu kepulauan Derawan yang terletak di Berau di Timur Kalimantan dengan pesona wisata laut yang menawan dan menjadi kegiatan yang ga akan pernah membosankan untukku. Kalau kata orang kategori orang pejalan itu ada yang suka city tour, suka gunung dan suka laut. Nah aku mungkin bagian yang suka laut.

Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Tarakan selama hampir 4 jam menggunakan pesawat dengan transit di kota Balikpapan. Berhubung berangkat flight pagi sehingga ga bosan mellihat pemadangan dari atas pesawat mulai dari pulau Jawa sampai Kalimantan yang terkenal dengan lekukan-lekukan sungai Kapuas-nya.

cindiltravel derawan 28

cindiltravel derawan 27

cindiltravel derawan 2

Sesampainya di Bandara Juwata, Tarakan, pertama kali menginjakan kaki di Kalimantan. Fiuuuh. Dan ternyata bandaranya kecil sekali. Sebenernya sih kalau mau ke Derawan bisa melewati dua pilihan jalur, yaitu lewat kota Berau bagi yang berangkat sendirian ataupun backpacker-an atau lewat kota Tarakan bagi yang mau booking speedboat rombongan. Berhubung aku perginya terima beres, jadilah aku lewat Tarakan menuju Pelabuhan Tengkayu dilanjutkan jalan laut dengan speedboat menempuh perjalanan hampir 4 jam kutinggal tidur karena sepanjang mata memandang hanya lautan dengan awan gelap menggantung.

cindiltravel derawan 3

cindiltravel derawan 4

Hari semakin sore dan aku melihat gugusan rumah berdiri di atas laut dengan warna warni cerah. Setiap penginapan bahkan memberikan hiasan yang menarik bagi kami para pendatang. Akhirnya sampai juga di pulau Derawan!

cindiltravel derawan 6cindiltravel derawan 5

Penginapanku yang memang berdiri di atas air ternyata memiliki dermaga sendiri, bahkan setiap kamar langsung memiliki balkon dengan pinggiran laut tanpa pagar. Tapi di hari pertama tidur rada jetlag gara-gara kasur berasa goyang karena deburan ombak. Pertama kali datang kami disambut oleh penyu hijau yang memang biasa datang dan makan daun pisang yang sengaja diberikan pemilik penginapan. Jadilah kami segrup kayak orang norak buru-buru mengeluarkan kamera dan tiduran di papan kayu dermaga hanya untuk menangkap gerak-gerik si penyu lewat lensa kamera.

cindiltravel derawan 8

cindiltravel derawan 7

Hari semakin sore dan kami bersama-sama ingin berkeliling “kampung Derawan”. Ternyata di Derawan merupakan pulau yang cukup baik fasilitasnya, disini listrik menyala 24 jam dan sinyal provider lokal kuat semua. Jadi ga usah khawatir bagi yang ingin langsung eksis di pulau Derawan.

cindiltravel derawan 16

cindiltravel derawan 20

Penginapan baik yang versi homestay alias numpang di rumah warga sampai kelas cottage mahal juga ada. Makanan pun beragam dari mulai makanan lokal khas pulau Derawan yaitu tumis Kima, udang pasir, seafood khas makanan kepulauan sampai ayam peyet versi pulau Jawa juga ada. Bahkan ga usah kaget kalau nemuin hotdog atau burger lengkap dengan ice cream aneka rasa disini karena banyak juga pengunjung pulau Derawan turis asing.

cindiltravel derawan 22

cindiltravel derawan 21

Kami menuju pantai Derawan yang letaknya dekat dengan salah satu cottage yang terkenal di pulau ini. Cottage-nya cukup besar dengan kapasitas sampai dengan family room selain itu disini juga tempat untuk diving harganya pun lumayan mahal buat kantong aku klo sendirian.

cindiltravel derawan 10cindiltravel derawan 13

Pantai ini tidak hanya untuk para pelancong yang ingin menikmati permainan air seperti banana boat, jet ski atau hanya sekedar menikmati senja di pinggir pantai tetapi juga sebagai tempat bermain para penduduk Derawan untuk berolah raga atau bermain di pantai.

cindiltravel derawan 11

cindiltravel derawan 14

cindiltravel derawan 12cindiltravel derawan 18

Kita bisa berjalan kaki mengelilingi seluruh pulau dengan lama perjalanan yang ga sampai berjam-jam melihat pemandangan pantai hingga perkebunan kelapa. Kalau ke pelabuhan Derawan kita akan melihat para penduduk yang hilir mudik mengangkut barang-barang kebutuhan penduduk.

cindiltravel derawan 19

cindiltravel derawan 15

cindiltravel derawan 24

Aku menikmati senja di pinggir pantai menunggu matahari terbenam bersama teman-teman baru. Semakin malam kami kembali ke dermaga penginapan dengan memandangi langit malam dengan bintang bertaburan sambil tidur-tiduran. Hampir setiap pagi dan malam kami selalu ke ujung dermaga penginapan hanya sekedar untuk memandangi langit dan air laut yang jernih dengan hewan-hewan laut seperti bintang laut, lion fish, dan penyu dan pastinya tidak akan ditemui di ibu kota!

cindiltravel derawan 25

cindiltravel derawan 23

cindiltravel derawan 17

cindiltravel derawan 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *