Sambel Hejo Sambel Dadak Yang Bikin Nangis

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 12

Ceritanya minggu lalu gagal dan kecewa makan di daerah Tebet karena Mie Jawa yang ingin dikunjungi tutup dan kecewa makan di tempat yang salah pilih. Eh saat makan minggu lalu ngeliat Path temen yang makan di daerah Tebet kok bikin ngiler ya sajian makanan yang disusun ke atas bak cup cakes. Alhasil kali ini aku pun berniat kalau mie Jawa masih tutup tempat selanjutnya yang menjadi target adalah tempat yang temen-ku kunjungi di minggu lalu. Sesampainya di Mie Jawa Tebet jam 20.30 malam. Dari luar parkiran ramai, kursi dan meja pun penuh terisi dengan tampang-tampang orang kelaparan menuunggu mie yang tak kunjung datang. Oke… aku mulai menghitung jumlah orang yang masih menunggu mie datang dengan jumlah tungku mie yang tak seimbang sepertinya akan berakhir kelaparan jika tetap berniat makan Mie Jawa. Baiklah, kali ini skip dulu makan mie Jawa, toh masih punya alternatif tempat lainnya.

Aku pun melaju menuju ke tempat dimana temanku minggu lalu posting di Path-nya yaitu Sambel Hejo Sambel Dadak yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Mie Jawa, terletak di Jl. Tebet Timur Dalam II No.34. Begitu sampai parkiran sepi. Aman nih sepertinya… ga perlu makan sambil ngantri. Dari luar tampilan restoran ini perpaduan tradisional kontemporer dengan bagian atap depan restoran ditempeli dengan roda kereta kuda dan tumpukan kayu. Di depan diberikan dua umbul-umbul kain seperti tampilan restoran Bali dilanjutkan jembatan kecil dengan air kolam di bawahnya. Kiri dan kanan terdapat ruang tamu kecil yanng dapat digunakan untuk duduk dan santai menikmati makanan kecil.

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 4

Begitu memasuki ruang utama terpasanglah “gebyok jawa” di pusat ruang tengah dengan hiasan tradisional di sisi kiri seperti alu dan lain-lain, lampu tradisional dan kursi kayu minimalis membuat tampilan menjadi kontemporer. Seseorang Bapak menyapa aku dan menanyakan jumlah tamu yang datang, setelah menjawab, sang bapak mengantarkan aku ke sebuah ruangan di sisi kanan.

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 3

Aku melihat menu makan yang disajikan mulai dari ikan gurame, nila, ikan mas, ayam, bakwan jagung, pete goreng, tumis kangkung, tumis tauge, dan menu khas sunda lainnya. Awalnya aku mau pesan menu paket yang disediakan. Tapi sang Bapak yang mengantarkanku menawarkan menu yang ditawarkan langsung tanpa melihat menu seperti foto yang diupload temanku di Path. Aku langsung setuju! Hehehe kan karena foto itu aku kesini. Tak perlu menunggu lama makanan pun datang. Keren! Kata Bapak, apa yang diambil dari tempat itu yang akan dibayar, seperti makan di restoran Padang.

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 5

Susunan makanan yang datang setelah aku lihat konsepnya seperti “rantang”. Isinya : sambel hejo (perpaduan cabe hijau, tomat hijau tetapi asin), empal gepuk, balado jengkol, sambel dadak (ini juaranya), tempe dan tahu goreng, pepesan peda, gurame, tahu dan jamur. Kemudian pelayan mebawa 1 bakul nasi untuk 2 orang dan menambahkan otak-otak bakar sebagai camilan. Si Bapak dengan sigap melayani kami dengan menuang teh tawar hangat di atas meja.

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 6

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 11

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 10

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 7

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 9

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 8

Aku pun bertanya apa bedanya antara sambel hejo dengan sambel dadak, sang bapak memberikan pelayanan cara memakan sambel dadak yang benar. Sambel hejo dan sambel dadak adalah sambel khas Purwakarta, dan ini adalah resto cabang Ciganea… “Oh gitu” kataku. Si Bapak dengan semangat menjelaskan bahwa sambel dadak yang berisi sambel tomat dengan cabai mentah yang sudah diuleg disajikan dengan potongan tomat dan jeruk limau akan lebih enak jika diuleg kembali dan dicampur, aromanya akan lebih menggugah selera. Begitu kata sang Bapak. Dan ternyata bener… wangi tomat bercampur dengan jeruk limau benar-benar mengoyang lidah!

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 2

Aku mencoba sambel dadak dengan tempe goreng, rasanya? Nikmat! Tempe goreng yang biasa menjadi luar biasa karena sambel dadak ini. Rasa pedas, manis dan segar berpadu dalam lidah yang membuat ketagihan. Aku pun menambah menu dengan pepes jamur dan pepes peda yang rasanya sedikit asin. Untuk menu sayur aku memesan sayur asem yang ternyata rasanya manis, asem dan seger khas sayur asem orang Sunda. Menu terakhir yang aku coba adalah ayam basah salah satu menu juara restoran ini. satu piring ayam basah ada 5 ekor yang ukurannya sangat mini. Sepertinya ini anak ayam deh yang sidajikan. Ketika mencoba ayam basah ini, sebenernya seperti ayam kampung usia muda dan diungkep dengan bumbu rempah dan digoreng basah. Rasanya gurih dan empuk. Ga heran kalau 1 orang bisa makan 3 sampai 5 potong ayam ini. Aku pun melahap menu makan ini dengan penuh perjuangan dan sukacita karena air mata terus mengalir sebab rasa pedas sambel dadak yang bikin nagih dan ga bisa berhenti… Kayaknya kalau ada orang yang ngeliat aku makan kayak begitu disangkain abis putus cinta terus dilampiasin pake makan banyak *efek kebanyakan nonton film korea. hahaha… Total biaya menu yang aku makan 107 ribu dengan porsi lumayan banyak sampe bikin kekenyangan buat 2 orang.

Menu makan Sambel Hejo Sambel Dadak sebenarnya biasa aja. Tapi tempatnya yang cozy buat aku, tampilannya tradisional kontemporer, pelayanannya yang ramah. Bayangin aja kalo seorang manager restoran dateng dan melayani dengan nguleg langsung sambel kita… duh kita jadi respect kan. Terus… sambel dadak dan ayam basahnya yang enaaaak bikin ga nyesel dateng kesini.

Restoran Sambel Hejo Sambel Dadak ini bisa menjadi tempat makan bersama keluarga atau ngumpul bareng temen. Selamat mencoba dan jangan lupa siapin tisu yaaa 😛

sambel hejo sambel dadak cindiltravel 1

2 thoughts on “Sambel Hejo Sambel Dadak Yang Bikin Nangis

  1. jika sedang ke purwakarta, sempatkan ke warung makan Ayam Goreng “Sajolna”.. pesan ayam goreng kampung dengan sambel dadaknya… dijamin puas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *