Sambel Kecap Eco 21 Oleh-oleh Purwokerto

Siapa ga kenal sama yang namanya TEMPE? Orang Indonesia pasti hapal betul dengan menu satu ini, menu makanan yang berbahan dasar kacang kedelai yang difermentasi hingga menjadi lauk yang sehat dan murah meriah. Aku adalah salah satu Fans Berat TEMPE kelas akut. Hahahaha. Aku bisa ga bosen-bosennya selama 1 minggu full makan menu tempe. Menu tempe dapat diolah berbagai macam jenis, mulai dari yang sederhana digoreng saja, dibuat gulai, ditumis, dibuat sate, sampai jadi burger *pengalaman SMU wajib bikin menu dari tempe. Tapi yang paling favorite adalah tempe mendoan, menu khas Purwokerto, Jawa Tengah ini paling enak dimakan hangat-hangat dengan sambel kecap atau kecap manis dengan potongan cabe rawit hijau. Ah, nikmat!

cindiltravel sambel eco purwokerto 2

tempe goreng

Ternyata untuk mendapatkan rasa dan tingkat kematangan Tempe Mendoan yang khas sama seperti tempat asal muasalnya sulit-sulit gampang. Tempe Medoan memiliki ketebalan tepung yang tebal dan tingkat kematangan medium. Tapi ga semua orang suka dengan tingkat kematangan tempe mendoan yang terkesan setengah matang, jadi ada pula yang memilih garing. Untuk jenis kematangan bisa diatur sesuai dengan selera.

Daripada repot atau pusing mikirin bumbu buat bikin mendoan, ada cara yang lebih ringkas dan cepat. Ada tepung bumbu instan dan kecap sambal untuk tempe mendoan asli Purwokerto, mereknya Eco 21. Kalau penghuni Purwokerto pasti tau merek lokal ini. Aku sendiri kenal merek ini sejak SMU dan sering dapet oleh-oleh dari teman berupa tempe mendoan hangat langsung dari Purwokerto berserta sambalnya. Walaupun perjalanan Purwokerto – Yogya sekitar 4 jam tapi rasa nikmat si tempe mendoan tetap tak terubah. Kalau sekarang, untungnya ada Echi, teman ngebolang yang asli Purwokerto. Jadilah aku bisa order kecap dan tepung Echo 21 kalau lagi kangen sama si Tempe Mendoan.

cindiltravel sambel eco purwokerto

Nah kalau lagi mudik gini, enaknya tuh sekalian mampir ke Purwokerto terus bisa belanja sambel kecap, tepung terigu instan, atau tempe goreng yang masih mentah untuk oleh-oleh atau yang sudah matang untuk dimakan langsung. Mudik pasti jadi kenyang dan senang karena oleh-olehnya murah meriah 🙂 🙂 🙂

cindiltravel sambel & tepung eco purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *