Ajakan Share Cost 9 Hari ke Togean, Sulawesi Tengah : 5 – 13 Mei 2016

 

Mungkin ini akan menjadi trip terpanjang di 2016. Ya rencananya aku akan 9 hari (5 – 13 Mei 2016) menjelajah di sebuah Taman Nasional Laut Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini dan termasuk di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan perjalanan yang harus ditempuh Jakarta – Palu via pesawat, Palu – Amapana dengan jarak 375 km via darat dan dilanjutkan Ampana – Wakai via laut selama 4-5 jam. Bacanya aja udah berasa ini perjalanan jauh penuh usaha!

Aku pun sudah membeli tiket pesawat dengan jadwal :

Berangkat
Jakarta (CGK) – Palu (PLW) : 5 Mei 2016 jam 18.10 – 21.50 by GA

Pulang
Palu (PLW)- Jakarta (CGK) : 13 Mei 2016 jam 16.00 – 19.25 by GA

Setelah posting jadwal perjalanan dibeberapa forum travel untuk mencari teman share cost selama disana, akhirnya terkumpulah 4 orang yang sudah konfirm membeli tiket dengan jadwal hampir sama. Memang bukan hal mudah untuk mengumpulkan jumlah orang dengan jadwal liburan panjang udah kayak orang kabur aja. HAHAHA.

Kami sempat browsing dan mendatangi Deep & Extreem perhelatan besar bagi orang-orang menyuka tantangan untuk membuat jadwal selama disana. Kami memang sengaja berburu booth Togean untuk menanyakan detail penginapan selama disana, beruntungnya kami bertemu Crispin Gibbs salah satu pemilik resort di Pulau Kadidiri yang menjelaskan spot-spot diving di Togean. Pulang dari Deep & Extreem kami mendapatkan oleh-oleh Buku besar dan kecil yang menjelaskan semua tentang Togean, thank’s to Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Tojo Una Una. Bukunya bagus banget + komplit-plit dan bikin kami langsung otak atik semua jadwal sampe revisi 8 biar makin murah selama disana! Dasar mental kami yang mau liburan senang murah meriah. LOL!

Togean 1

From the MOUNTAIN to the SEA

“Sederetan pulau indah mengapung di lautan terlindungi sebuah teluk bernama Tomini. Kawasannya adalah sebuah zona transisi Garis Imajiner Wallace dan Weber yang menyuguhkan keajaiban alam yang jangan sampai dilewatkan. Bersiaplah mereguk lebih banyak kemegahan Celebes dan melihat langsung tempat berdiamnya salah satu suku penghuni lautan, yaitu Bajoe” -visit Indonesia.

xTaman,P20Nasional,P20Kepulauan,P20Togean,P20,28Resize,29,P20,288,29.jpg.pagespeed.ic.vYRpieQmPw

Awalnya aku menganggap liburan ke Togean adalah liburan penuh dengan lautan! Ketemu laut dan laut. Memang keindahan bawah laut Togean sudah menjadi pembicaraan orang-orang pencinta diving dengan keindahan biota laut mikro dan makro serta spot Boomber Wreck, bangkai pesawat Perang Dunia ke II. Belum lagi salah satu tujuan aku ke Togean adalah menari bersama ubur-ubur tak menyengat rasanya seperti memutar memori ke Danau Kakaban, di Kalimantan tapi ini di Togean, Sulawesi, YAY!

Tapi yang membuat kami tertarik adalah sebuah pulau di ujung utara kepulauan Togean yaitu Pulau Una Una, dimana terdapat gunung merapi aktif yaitu Gunung Colo yang pernah erupsi tahun 1983 sehingga penduduk yang tinggal di Pulau Una Una tidak seramai pulau lainnya selain karena jaraknya yang jauh. Di pulau ini selain snorkeling dan diving kita bisa melakukan trecking ke gunung berapi baik di darat maupun di dalam laut! Sudah dipastikan, ke Pulau Una Una adalah WAJIB!

 

Jadwal 9 hari selama di Togean :

H1 : Jkt – Palu – Ampana > sewa mobil Palu – Ampana berangkat jam 11 malem, kapasitas 7 org

H2 : Ampana – Wakai – menginap Pulau Kadidiri (snorkeling/ diving) > sewa boat kapasitas 6 org

H3 : Pulau Una Una menginap di sanctum (snorkeling/ diving, trecking) > public boat

H4 : Pulau Una Una menginap di sanctum (snorkeling/ diving, trecking) > public boat

H5 : explore & menginap Pulau Malenge (snorkeling, trecking) > sewa boat kapasitas 6 org

H6 : snorkeling sekitar Pulau Malenge > sewa boat kapasitas 6 org

H.7 : snorkeling sekitar Pulau Katupat (Danau Ubur-ubur) & menginap di Pulau Katupat > sewa boat kapasitas 6 org

H.8 : Pulau Katupat – Pulau Wakai – Ampana – Palu > public boat, travel

H. 9 : Palu – Jkt

Karena cuma ber4, kalau ada yang mau ikutan share mobil dan sewa boat (jika rute mau mengikuti kita) silahkan contact via email ke denise0910@gmail.com

Ini murni share cost, budget sekitar 3.7 s/d 4 juta selama disana belum termasuk tiket pesawat beli sendiri-sendiri, alat snorkeling dan diving (jika tertarik).

Note : Selain jauh, pulau ini juga listrik terbatas (listrik menyala jam 5 sore s/d 10 malam) dan sinyal provider yang masih naik turun alias tanpa sinyal HP. Lengkap sudah rencana liburan 9 hari tanpa gangguan 😀 😀 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *