Ajakan Share Cost – Taka Bonerate 20-26 April 2017

Saat berkunjung ke acara Deep and Extreem di Jakarta bulan April 2016 emang rencananya buat hunting alat dan cari booth pariwisata Sulawesi untuk cari info perjalanan ke Togean. Setelah puas belanja dan tanya-tanya tentang Togean, aku dan seorang teman berhenti di sebuah booth minimalis tanpa kemegahan dekorasi hanya ada sebuah iPad tipis di atas meja dengan pemandangan pulau diantara hamparan laut biru tosca. Dan yang membuatku terdiam lama adalah sekumpulan anak HIU datang ke pinggir pantai disambut anak kecil yang berlarian menyambut para hiu bak hewan peliharaan. Baik langkah kaki dan mataku pun tak bergerak sesenti pun dari layar Ipad. Video tentang pulau Tinabo di kepulauan Taman Nasional Taka Bonerate diulang terus menerus tapi aku tak pernah bosan. Sampai akhirnya temanku mengingatkan bahwa kami harus kembali ke teman-teman lainnya.

Sebelum beranjak, aku sampaikan ke temanku bahwa aku pasti akan datang ke sana untuk bermain dengan para HIU setiap pagi! Percaya atau tidak, sepertinya wish list yang aku ucap seperti alunan doa yang entah bagaimana caranya perlahan-lahan mengenapi untuk terjadi.

Baca juga wish list-ku 2016.

Belum genap satu tahun, aku sudah menuntaskan 5 destinasi yang aku inginkan (explore Jawa Timur, Bersepeda di Ubud, explore negeri Laskar pelangi, 9 hari ke Togean, Nusa Penida) dan bonus 1 destinasi yang tak terduga yaitu perjalanan akhir tahun ke Makassar tujuan Ramang-ramang, Tana Toraja, Tanjung Bira, dan Samalona.

Baca juga perjalananku 9 hari ke Togean!

Dan awal bulan ini, aku pun secara dadakan membeli tiket ke Makassar 2 perjalanan sekaligus. Satu untuk perjalanan akhir tahun dan untuk tahun depan. Ya! Akhirnya satu tahapan awal menuju Takabonerate sudah aku jalani. Membeli tiket ke Makassar dengan jadwal :

Berangkat :
GA Jkt- Makassar 20 April 2017. 19.45 – 22.45

Pulang :
GA Makassar – Jkt 26 April 2017 18.05 – 19.25

Dan sekarang saatnya mencari pasukan SHARE COST yang berniat susah sedih, senang dan mandiri bersama-sama, karena perjalanan menuju Taka Bonerate sepertinya memang bukan perjalanan yang mudah. Kita harus melewati perjalanan panjang menuju ke sana menggunakan via udara (jika dari Jakarta penerbangan malam) langsung dilanjutkan perjalanan via darat dari Makassar menuju Bulukumba (153 km) dengan waktu tempuh 5 (lima) jam, kemudian menyeberangi lautan dengan kapal Feri menuju Kepulauan Selayar selama 2 jam. Perjalanan belum berhenti karena harus menempuh Kota Benteng sekitar 1,5 jam dan menyeberang lautan kembali dengan kapal kayu kecil selama 5 jam untuk mencapai pulau Tinabo.

Peta Kepulauan Selayar - via Wikipedia

Peta Kepulauan Selayar – via Wikipedia

“Difficult roads often lead to beautiful destinations.” Aku setuju dengan kata-kata itu, bahwa sebuah keindahan pasti dicapai dengan sebuah usaha juga.

Taman Nasiona Taka Bonerate - via Wikipedia

Taman Nasiona Taka Bonerate – via Wikipedia

“Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km². Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.”– Wikipedia

Apa saja yang bisa dilakukan di Taman Nasional Taka Bonerate :

Tinggal di pulau yang luasnya tidak lebih dari 1,5 km x 500 m di antara hamparan laut biru, apalagi yang bisa dilakukan selain olah raga air! Mulai dari snorkeling, diving, kayaking, berjemur, berkeliling pulau gosong, atol, berenang di antara hamparan terumbu karang dan ditutup dengan memandang bintang di malam hari setiap malam! Aku sendiri berniat untuk diving setengah hari, setiap hari 2x dive.

Rasanya tak kan habis waktu untuk mengeksplore seluruh jajaran terumbu karang di Taka Bonerate. Jika beruntung akan bertemu HIU, Dugong, Manta, Pari, Penyu dan penghuni laut lainnya.

Rencananya sih jadwalnya kurang lebih seperti ini :

  • 20 April 2017 : Jkt – Makassar flight malam lanjut sewa mobil menuju Bulu Kumba
  • 21 April 2017 : Bulu Kumba – Selayar via Feri, Selayar – Kota sewa mobil, Kota Benteng – Pulau Tinabo sewa kapal
  • 22 April 2017 : Diving & snorkeling keliling pulau
  • 23 April 2017 : Diving & snorkeling keliling pulau
  • 24 April 2017 : Diving & snorkeling keliling pulau
  • 25 April 2017 : Packing, menuju Selayar. Ekplore Selayar dan menginap 1 malam.
  • 26 April 2017 : Menuju Makassar (bisa mampir di Tanjung Bira) dan flight pulang ke Jakarta jam 18.00

Note : Jika tidak bisa diving bisa eksplore pulau dan snorkeling, asal jangan mabuk laut ya karena Taka Bonerate hanya menyajikan laut sepanjang perjalanan.

Ini murni share cost, bukan open trip jadi jumlah peserta yang dibuka maksimal 10 orang untuk share biaya sewa mobil, kapal dan penginapan selama perjalanan di Taka Bonerate. Aku sudah beli tiket bersama seorang teman sesuai jadwal yang di-share dan berniat untuk diving dan jalan-jalan keliling pulau juga selama di sana.

Jika tertarik, bisa menghubungiku di cindiltravel@gmail.com atau lihat di website cindiltravel.com untuk melihat perjalananku yang lainnya.

say YES to new adventures!

 

11 thoughts on “Ajakan Share Cost – Taka Bonerate 20-26 April 2017

  1. Salam kenal mba, Aq Lena kebetulan aq juga mau kesana mba, tapi sepertinya waktu kita g sesuai..Kebetulan aq g punya cuti dikantor..Pulang dari sana minta tolong review dan contact orang2 yg bisa dihubungi yg bisa membantu disana ya mba..Semisal contact untuk sewa mobil, kapal dan penginapan..Sebelumnya makasi ya mba.

  2. Sekedar informasi tambahan, sekarang sudah ada penerbangan setiap Hari Ke Selayar via Wings Air penerbangan Makassar – Selayar setiap Hari pukul 09.00 Wita . Semoga kunjungannya bisa terwujud, kami ucapkan selamat datang di Kepulauan Selayar.

  3. Wahh sayang bangeet yh mba, timingnya ga pas.saya juga rencana mau ke takabonerate tapi di tgl 23-29 Mei 2017..

    ditunggu yah mba share perjalanannya nanti disana 🙂

  4. waah aku baru tau blog ny. coba lebih awal. plan kesini deh. share ya kontak nya. sulawesi cuma kepikiran wakatobi,ternyata taka juga kece ya esplorr laut semua.

    • Hai Sarah,

      Salam kenal.
      Sulawesi banyak yang bisa diekplore lautnya, mulai dari yang terkenal sampai yang pedalaman ga terkenal.
      Kayaknya ga pernah akan habis kalau mau explore laut di Sulawesi.
      Kamu udah ada rencana ke Takabonerate ?

      • belum ada. hanya mau ke trinusa dulu april, karena liat tulisanmu, aksesnya mudah jadi duluin kesana utk solo travel.. next mw wakatobi dlu x ya, yg pulaunya banyak, ada 4 kan yg terkenal wa ka to bi.. taka ada brp pulau yg bs di eskplore??

        • Aku belum pernah ke Wakatobi, jadi belum bisa cerita detail disana kayak apa. Yang jelas aku denger sih juga bagus dan pasti ada pulau administratif (lebih rame dan lengkap) dan pulau kecil yang akses jauh dan terisolir fasilitas listrik dan pendidikan. Tapi justru yang jauh itu kita bisa dekat dengan orang-orang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *