Snorkeling di Gili Trawangan, Meno dan Air

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok

Berkunjung ke Gili Trawangan rasanya tidak lengkap tanpa bermain air! Permainan air yang bisa dicoba dari yang mudah dan murah cukup bermain air di pinggir pantai atau berenang sampai yang bayar seperti bermain kayak, jet ski, snorkeling sampai diving malam hari.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 1

Aku memilih bermain snorkeling dengan mengambil paket tour 3 Gili yaitu snorkeling di Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Untuk mengikuti tour, sebaiknya datang ke Gili Trawangan sebelum jam 10 pagi untuk mendaftar paket di kios-kios sepanjang pantai Gili Trawangan karena lewat dari jam 10 seluruh kapal sudah berangkat. Jika lewat dari jam 10 maka harus sewa kapal sendiri. Biaya untuk paket sekitar Rp 100.000,-/ orang, saranku ambil tambahan paket makan siang seharga Rp 20.000,-/ orang. Jika tidak bisa berenang seperti aku, lebih baik sewa life jacket saat mendaftar Rp 10.000,-/ pc karena paket snorkeling hanya mendapatkan snorkel dan google.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 9

Saat jumlah peserta memenuhi kuota kapal, kita akan menaiki kapal dengan kapasitas lebih dari 30 orang yang tentunya berbeda sekali dengan kapal di muara angke :p. Kapal ini merupakan kapal glass bottom dimana dibagian bawah kapal berasalkan kaca yang berfungsi untuk melihat pemandangan bawah laut. Melihat peserta snorkeling aku baru sadar bahwa hampir seluruh peserta snorkeling adalah warga negara asing, rasanya aku seperti berwisata di negeri orang.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 3

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 10

Tujuan snorkeling pertama adalah Turtle Spot di sekitar Gili Trawangan yang katanya ada penyu. Setelah snorkeling kesana kemari mencari penyu aku tetep ga liat. Tapi ada beberapa peserta snorkeling yang melihat penyu berjalan di bawah dasar laut yang cukup dalam. Di sini kita kita melihat hard coral berwarna putih dan ikan kecil-kecil berwarna biru dan hijau di sekitar coral.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 11

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Gili Air untuk makan siang. Kapal menepi di pinggir pantai yang lebih sepi. Dari pinggir pantai kami berjalan ke dalam gang dan menemukan rumah yang terbuat dari bambu yaitu GOGO Beach Cafe. Makan siang yang dipesan di Gili Ttrawangan sudah siap dantinggal dihidangkan. Menu yang disajikan rata-rata memang western food dengan porsi besar. Harga paket Rp 20.000,- lebih murah dibandingkan dengan order saat di Gili Air. Jadi memang pilihan tepat untuk ambil snorkeling paket makan siang, kecuali kalau mau hemat dan kuat ga makan siang. Di Gogo Beach Cafe tidak hanya tersedia makan siang tapi juga oleh-oleh, para penjual mampir ke kafe untuk memperlihatkan jualannya, sayangnya harganya cukup mahal, kain pantai dijual Rp 100.000,-/ pc.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 6

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 5

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 7

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 8

Setelah puas 1 jam makan siang kami melanjutkan snorkeling di sekitar Gili Air, dan disini lebih banyak ikan lucu dibanding di Gili Trawangan maka tak heran jika banyak kapal yang berhenti di laut sekitar Gili Air untuk mengantarkan bersnorkeling. Cara orang bersurfing di Gili juga cukup aneh, mereka snorkeling bukan dari pinggir pantai tetapi dari tengah laut. Dan salah satu guide kami turun ditengah laut untuk bersurfing.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 4

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 12

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 13

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 14

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 15

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 16

Setelah bersnorkeling di Gili Air, jadwal selanjutnya adalah snorkeling di Gili Meno. Air semakin dingin disini karena cuaca sedikit mendung dan semakin sore. Banyak peserta yang sudah kelelahan tapi tak menyurutkan kami untuk terus bersnorkeling di tengah laut. Dari tengah laut terlihat Gili Meno yang lebih sepi dari Gili Air dan Gili Trawangan.

Snorkeling di 3 Gili Trawangan Lombok 2

Sampai akhirnya kami disuruh naik oleh guide kapal karena waktu snorkeling sudah habis. Tak terasa jam 4 sore kami sudah sampai kembali ke Gili Trawangan. Walaupun ikan yang muncul di 3 Gili ini tidak terlalu banyak tetapi sudah memenuhi whist list tempat snorkeling-ku.

18 thoughts on “Snorkeling di Gili Trawangan, Meno dan Air

  1. Cuma 100rb gan snorkeling?murah banget ternyata, boleh gan bagi info diving di lombok,night diving ada?ak buka di web kok mahal2, 400ribuan semua…thanks gan

    • Aduuh mba firda. Aku lupa nama kiosnya. Tapi bisa cek di foto2 aku kok biasanya ada contactnya.

      Tapi ga usah khawatir disana banyak bgt tempat sewa snorkeling dengan catatan jam 9 udh daftar karena setelah itu ga ada yang open public. Klo private boat pasti lebih mahal kalau orangnya sedikit.

  2. ini brarti qta harus berangkat dari gili trawangan ya kak? klo dari lombok gmn?
    maaf saya masih baru, jd blm taw apa2., terimakasih

    • Hai Oka, untuk sampai ke gili kita dari Lombok ke pelabuhan Bangsal bisa naik bus / taksi / sewa mobil kemudian pilih kapal yang menuju gili trawangan / gili air / gili meno. Tergantung kamu mau kemana. Kapalnya terakhir jam 4 sore dan itu public boat. Klo mau snorkeling pakai provider di gili trawangan berarti km harus sudah smp di gili jam 9 pagi paling telat.

    • Kalo Dari Lombok, ya memang harus lewat bangsal naik public boat atau lewat teluk nara naik speed boat. Dan kalo dari Bali naik Fast Boat.

  3. Makasih ya mbak sangat membantu untuk infonya, tapi mau tanya apakah tidak ada foto underwater yang disediakan oleh pengelola/guidenya? Maksudnya mereka fotoin kita bersama ikan2 atau turtles dan kita harus bayar tambah.

  4. Hi cindiltravel, km berarti tanpa booking dulu ya? Langsung datang dan bisa snorkling di hari yang sama? Makasi infonya

    • Selama sampai di gili trawangan sebelum jam 9 pagi masi bisa cari agen untuk snorkeling paket murah kok. Klo bisa lebih cepat lebih baik biar masih bisa cari2 hotel dulu

  5. hai mau tanya kira-kira kalo explore 3 gili tanpa menginap di Gili Trawangan bisa gak ya? Apakah ada tempat untuk mandi setelah snorkeling? Terima Kasih

    • Hai egi, bisa kok sepertinya tapi harusnya sih booking kapal sendiri ya. Coba cek saja pas di bangsal ada kapal nelayan yang bisa disewa tidak. Klo masalah mandi sih bisa di kamar mandi umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *