Sulawesi : Onde Labu & Tetu Nangka Primadona Menu Buka Puasa di Palu

Setelah kemarin bahas menu gurih-gurih dari Sulawesi, kali ini cindiltravel mau bahas menu makan manis-manis buat buka puasa. Biasanya dan katanya yang puasa, paling enak tuh berbuka puasa pake yang manis-manis. Ya udah minum air putih sambil liat aku aja kakak *minta dilempar pake Aqua. HAHAHAHAHAAA. Daripada menghayal GJ (ga jelaaaas) mending bahas makanan yang beneran manis.

Menu manis yang aku coba dari Sulawesi ini adalah menu jajanan pasar, itu loh makanan kecil yang dijual di pasar tradisional. Jajanan pasar itu makanan  kegemaranku, klo bisa malah setiap jalan bisa blusukan ke pasar terus jajan deh. Nah jajanan pasar pertama yang aku coba yaitu Onde Labu. Jangan pikir onde itu kayak yang dijual di Jakarta, warnanya coklat terus digelindingin di hamparan biji wijen lalu digoreng, dan pas gigit keras boook *jebakan betmen deh klo itu. Nah Onde Labu dari Continue reading

Sulawesi : Daun Kelor, Dari Peribahasa Menjadi Sayur Uta Kelo

Pasti sering denger peribahasa : Dunia tak selebar daun kelor. Pada tau ga artinya ? Artinya agar bahwa kita harus jalan-jalan biar tau luasnya dunia *kalo ini ngaco deh, mentang-mentang suka ngukur jalan malah bikin peribahasa O____O. Ok, sebenernya arti dari peribahasa itu adalah “jangan mudah putus asa dalam menghadapi keadaan atau kegagalan, karena dunia itu luas dan masih kesempatan baru” selama kita mau berusaha. Terus apa hubungannya Daun Kelor sama cindiltravel?

Waktu berkunjung ke Palu, Sulawesi Tengah aku ditawarkan menu UTA KELO katanya sih salah satu makanan khas Sulawesi Tengah. Dengan polos aku tanya, apa itu Uta Kelo ? Daun Kelor. Apaaaaa??? Daun kelor itu bukannya yang ada di peribahasa yang suka dihapalin anak-anak SD ya? Emang Daun Kelor bisa dimakan???? —> kalo Continue reading