Sulawesi : Banyak Jalan Menuju Togean

Ada pepatah mengatakan bahwa Banyak Jalan Menuju Roma makanya aku juga percaya juga bahwa banyak jalan menuju TOGEAN. Hahaha. Maksa! Wong arti pepatahnya ada dimana ada ke”mau”an disitu ada jalan. Loh sama aja kan ??? Dimana sama-nya ? Kalau kata kakak aku, dia ga bakalan liburan versi aku deh, dimana-mana serba susah, cara menuju ke tempat liburannya aja susah. Emang beneran susah ? Kalau susah, buktinya aku bisa pergi dan kembali lagi kok Kak, yang penting kan niat… nanti juga sampe *dasar adeknya bandel ga bisa diem x__x Makanya kali ini aku akan bahas bagaimana cara menuju Togean, biar yang lain juga bisa pergi dan kembali (udah kayak lagu).

cindiltravel kapal togen 1

Dermaga Kadidiri Paradise, di Pulau Kadidiri

Togean merupakan taman nasional di Kabupaten Tojo Una-una terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah (Daaan akhirnya aku menginjakan kaki ke Pulau Sulawesi pertama kalinya! Senyum-senyum bahagiaaaa!). Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi karena letaknya berada di zona transisi garis Wallace dan Weber dan termasuk dalam ‘coral triangle’ yang meliputi wilayah Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Jepang dan Australia. Jadi bagi kamu pecinta lautan kenapa ga nyoba ke Togean? Karena disini kita akan melakukan perjalanan dengan pemandangan indahnya lautan di atas dan underwater  dengan biota laut yang jarang ditemui ditempat manapun!

Untuk menuju kepulauan Togean maka pintu gerbangnya hanya ada 2 yaitu via Ampana atau Gorontalo. Setiap kota pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi waktu serta biaya. Aku sendiri memilih rute Jakarta – Palu – Ampana dan sebaliknya.

cindiltravel kapal togen 39

rute perjalananku Jakarta – Palu – Ampana – Kadidiri

Jalur Udara

“Rata-rata para traveler di Indonesia berasal dari Jakarta” kata seorang turis asing kepadaku. Hmmm… aku baru sadar juga sih karena memang detak jantung bisnis Indonesia ada di Jakarta tapi keindahan alamnya tersebar dimana-mana. Dan kami para pencari nafkah bekerja tanpa henti di ibu kota yang haus akan hiburan terkadang memilih pergi keliling Indonesia sebagai pelepas kepenatan diantara deburan bising knalpot dan sesaknya jalanan Jakarta. Jalur udara menjadi salah satu akses termahal tapi juga tercepat menuju Togean. Aku sendiri menggunakan maskapai Garuda berangkat dengan rute direct Jakarta – Palu,  selama 2,5 jam saja sedangkan untuk pulangnya Palu – Makassar – Jakarta selama 3,5 jam.

Berikut adalah rute jalur udara menuju Togean :

• Jakarta – Manado menggunakan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Wings
  • Jakarta – Gorontalo menggunakan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Wings
  • Jakarta – Makassar – Palu menggunakan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Wings
  • Jakarta – Makassar – Luwuk menggunakan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Express
  • Denpasar – Makassar – Palu menggunakan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Wings
  • Makassar – Poso menggunakan maskapai Wings
  • Palu – Ampana menggunakan maskapai Avia Star selama 55 menit
  • Luwuk – Ampana menggunakan maskapai Avia Star selama 35 menit
  • Gorontalo – Ampana menggunakan maskapai Avia Star selama 75 menit

Note :
Nomor telpon Avia Star. Palu : +6282292260055, Ampana : +6285240924843, Luwuk : +6285240918212, Gorontalo : +6281340350983

cindiltravel kapal togen 40

Garis merah rute menuju Togean via Palu, Poso, Luwuk, Ampana, Gorontalo

Jalur Darat

Setelah menempuh perjalanan udara maka masih ada lagi perjalanan lain yang harus dilalui. Konon katanya melihat sesuatu yang indah itu butuh perjuangan. Bagi para pejalan sepertiku menjalani berbelas-belas jam atau berpuluh-puluh jam untuk mencapai tempat tujuan merupakan hal biasa. Tapi bagi sebagian orang waktu adalah sesuatu yang mahal, maka tak heran mereka memilih lokasi liburan yang mudah ditempuh dengan waktu yang singkat. Tapi kali ini perjalananku menuju Togean harus dilanjutkan perjalanan darat menuju pintu gerbang menuju kepulauan Togean yaitu melalui Ampana (pusat kota Tojo Una Una) di malam hari selama  9 – 10 jam dari Palu menggunakan mobil travel yang sengaja aku sewa. Alternatif lainnya bisa melalui Luwuk / Poso selama 4 – 5 jam menggunakan mobil pribadi / bus/ travel. Sedangkan perjalanan dari Gorontalo menuju Togean (Wakai) melalui jalur laut menggunakan kapal PELNI / Ferry besar sekitar 10 -12 jam. Sungguh perjalanan yang aku ambil adalah perjalanan tanpa tanpa henti bukan ?

Travel dari Palu – Ampana

Palu : +62451 451178
Luwuk : +6281341009960 / +628526627368
Ampana : +62464 21596, +62464 21498

Baca juga rute perjalananku 9 Hari Menjelajahi Pulau Togean, Sulawesi Tengah disini!

cindiltravel kapal togen 31

naik ojek di Ampana (jangan ditiru yak)

Jalur Laut

Setelah melalui jalur darat 10 jam, maka aku harus melanjutkan perjalanan lainnya hingga akhirnya SAH menginjakkan kaki di kepulauan Togean. Kepulauan Togean memiliki 6 pulau besar dan 60 pulau kecil yang tersebar di sepanjang 90 kilometer, sedangkan luas lautannya ± 336.773 hektar. Coba dibayangkan perbandingan antara daratan dan lautan maka sudah dipastikan transportasi umum di kepulauan Togean adalah kapal! Jika mabuk laut, maka siapkan obat cantikmu kawan XD.

cindiltravel kapal togen 4

cuaca laut yang kadang tak menentu

Jadwal kapal yang tidak beroperasi setiap hari dan cuaca laut yang tak selalu berbaik hati menjadikan kita harus mempersiapkan segala resiko dalam perjalanan ini. Pedoman bahwa “manusia bisa berencana tapi tidak bisa melawan alam” kata-kata yang harus diingat dalam perjalanan sepertiku. Tapi kita masih bisa berusaha jika memang Tuhan berkehendak lain bukan 🙂 seperti saat aku tidak mendapatkan tiket kapal cepat hercules dari Ampana menuju Wakai (salah satu pelabuhan terbesar di Pulau Batudaka, kepulauan Togean seperti pulau administrasi) akhirnya ada Ibu Dokter bersama teman-temannya berbaik hati menawarkan tumpangan dari Ampana menuju Pulau Bomba dan dilanjutkan ke Kadidiri. Perjalanan yang seharusnya kami lalui hanya 1 jam menggunakan speed boat menjadi 5 jam menggunakan perahu katinting. Biayanya juga jelas lebih mahal. Tapi tujuan kami adalah sampai ke Pulau Kadidiri dengan selamat dan tidak mengganggu jadwal lainnya.

cindiltravel kapal togen 3

sewa perahu katinting, alternatif dari public boat

Berikut jadwal Public Boat atau kapal umum yang wajib diketahui jika ingin keliling Pulau Togean :

Dari Ampana – Wakai – Katupat – Malenge – Popoli’l-Dolong

• Puspita : Senin, Rabu, Sabtu (jam 10 pagi)
  • Kapia : Selasa, Sabtu (jam 10 pagi)

Dari Dolong-popoli’l –– Malenge – Katupat – Ampana

• Puspita : Selasa, Kamis, Minggu (dari Malenge jam 6 pagi)
  • Kapia : Kamis, Minggu (dari Malenge jam 6 pagi)

Tuna Tomini (Ferry / PELNI)

• Ampana – Wakai – Ampana : Minggu (1 x jalan)
  • Ampana – Wakai – Gorontalo : Senin, Kamis (9 pagi, dari Wakai jam 16.00)
  • Gorontalo – Wakai – Ampana : Selasa, Jumat ( 16.00 )

Jadwal Kapal Togean:

• Dari Ampana – Wakai : speed boat Hercules setiap hari jam 08.30 pagi
  • Dari Wakai – Ampana : speed boat Hercules setiap hari jam 09.30 pagi
  • Dari Wakai – Una Una : Selasa, Jumat, Minggu jam 8 pagi
  • Dari Una Una – Wakai : Senin, Rabu, Sabtu jam 7 pagi
  • Dari Ampana – Kabalutan – Pulau Papan – Milok : Senin, Selasa, Rabu, Sabtu (10 pagi)
  • Dari Milok – Pulau Papan – Kabalutan – Ampana : Selasa, Rabu, Kamis, Minggu
  • Dari Ampana – Bomba : Selasa, Jumat, Minggu
  • Dari Bomba – Ampana : Senin, Rabu, Kamis, Minggu

KM Cengkih Afo (Ferry / PELNI) :

• Ampana – Pasokan : Selasa, Jumat ( 22.00 malam)
  • Pasokan – Dolong : Rabu, Sabtu ( 6 pagi)
  • Dolong – Marisa : Rabu, Sabtu ( 8 pagi)
  • Marisa – Dolong : Kamis, Minggu ( 8 pagi)
  • Dolong – Pasokan : Kamis, Minggu ( 14.00)
  • Pasokan – Ampana : Kamis, Minggu ( 16.00 )

Selama keliling Pulau Togean, aku menggunakan berbagai jenis kapal mulai dari perahu kayu katinting yang sengaja disewa, speed boat milik penginapan, ferry sekoci hingga ferry besar Pulau Wakai – Ampana.

cindiltravel kapal togen 38

jalur lautku selama di kepulauan Togean

Perahu Katinting

Beberapa perjalananku mengunjungi pulau-pulau di Togean menggunakan perahu katinting karena tidak memungkinkan mengejar waktu menggunakan public boat. Harga sewa kapal pun bervariasi mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 700.000,- / sekali jalan tergantung jaraknya. Jika kurang beruntung maka harga bisa lebih tinggi tergantung situasi dan kondisi cuaca serta tidak ada pilihan angkutan lainnya. Kapal ini tidak hanya untuk mengantarkan kita snorkeling atau keiling pulau tapi juga alat transportasi selama berpindah pulau. Kapasitas kapal bisa diisi 6 – 10 orang. Menggunakan perahu katinting tentu lebih besar resikonya ketika  hujan dan ombak besar. Aku pun mengalami cuaca buruk dan ombak besar saat perjalanan menuju Pulau Malenge, perahu terombang ambing ditengah lautan dengan kabut tebal mengelilingi kami. Bersyukur masih sehat dan selamat sampai sekarang 😊😊

Speed boat

Beberapa penginapan menyediakan speed boat sebagai fasilitas gratis untuk mengantarkan penghuni penginapan menuju pelabuhan besar. Aku sendiri menggunakan speed boat dari penginapan Sanctum menuju Pelabuhan Una Una dan speed boat dari penginapan Kadidiri Paradise menuju Pelabuhan Wakai selama 30 menit.

Kapal Una Una ke Wakai

Kapal Ferry dari Pulau Una Una menuju Pulau Wakai ternyata tidak sebesar yang aku bayangkan. Mereka menyebutnya ferry sekoci. Siapa sangka dengan ukuran sekoci ini dapat mengangkut kami beserta barang-barang bawaan, motor, hasil bumi seperti pisang hingga ternak yang dijadikan satu! Beruntung hari ini kambing tidak ikutan nyebrang 😅😅😅 Jangan ditanya penuh dan sesaknya kapal ini, semua warga lokal sudah siap menggelar tikar serta bantal atau membawa rantang berisi makanan untuk menemani mereka selama perjalanan. Dapat dipastikan aroma yang ada dalam kapal 1 dek ini bisa tersebar kemana-mana XD. Aku sendiri menikmati perjalanan 4 jam dari Pulau Una Una ke Pulau Wakai bersama anak-anak melihat ikan terbang dan juga lumba-lumba dari dalam kapal. Takut tidak mendapatkan tempat duduk di kapal sekoci ini ? Jangan khawatir, karena atap kapal juga berfungsi sebagai “kursi cadangan” penumpang dengan view pemandangan lautan luas tentu saja harus disertai nyali yang kuat dengan harga tiket Rp 25.000,- yang dibayar setelah sampai tujuan XD XD XD

cindiltravel kapal togen 36

kami di Pelabuhan Una Una 🙂

Kapal Ferry KM Puspita

Kapal kayu yang ukurannya berkali-kali lipat lebih besar dari ferry sekoci ini melayani perjalanan cukup jauh mulai dari ujung Dolong-popoli’l, Malenge, Katupat, hingga Ampana dan sebaliknya. Aku sendiri naik dari Pulau Wakai ke Ampana dengan harga tiket Rp 60.000,-/ orang. Kapal sandar di Pulau Wakai dan para pejalan pun memasukkan barang bawaan berupa motor, bahan pangan hasil bumi, ikan segar hingga kambing! Kapal ini beroperasi hanya 2 kali dalam seminggu. Aku cukup menempuh jarak 4 jam dari Pulau Wakai ke Ampana. Kapal ferry seperti barak ini mempertemukan aku dengan Ci Bek, seorang Ibu asli Tionghoa asal Ampana yang merantau ke Pulau Katupat. Cik Be bercerita banyak tentang kesederhanaan warga Pulau Katupat dimana mereka hidup tanpa sinyal komunikasi serta listrik yang seadanya. Selama 4 jam perjalanan kami habiskan bertukar resep masakan seperti sinole (sagu) asli Togean dan sayur asem asli Jakarta dan cerita kehidupan di luar pulau Sulawesi.

Kapal ferry KM Puspita ini terdiri dari 3 dek.

• Dek paling bawah : berisi mesin kapal, hasil bumi yang akan dikirim ke Ampana seperti kopra, cengkeh, kakao, dan hasil kebun lainnya.
  • Lantai 1 : kamar mandi, hasil laut berupa ikan dan lainnya dalam cooler box dari stereofoam, ternak (kali ini aku ketemu kambing), dan barak besar untuk selonjoran para penumpang.
  • Lantai 2 : berisi ruang utama dengan barak 2 lantai untuk para penumpang yang berukuran tak lebih dari sepinggang orang dewasa beralaskan kasur bahan vinly, kantin ala kadarnya minimal ada pop mie dan minuman panas, kamar para awak yang disewakan ke penumpang, dan motor-motor para penumpang di bagian ujung luar kapal.

Kapal Hercules

Kapal speed boat tujuan Ampana – Wakai, pulang pergi setiap hari dengan jarak tempuh 1 jam. Kekurangannya ada keterbatasan jumlah penumpang yang diangkut maksimal 27 orang. Harga tiket Rp 130.000 – Rp 150.000/ orang.

cindiltravel kapal togen 33

kapal hercules

Kano

Kapal  kano adalah kapal kayu sederhana bagi para penduduk pulau setempat yang digunakan untuk hilir mudik antar pulau dan bisa juga untuk melaut. Kapal ini bisa ditambahkan mesin juga. Kapasitasnya tidak banyak.

cindiltravel kapal togen 34

kano di Pulau Malenge

Selama mengelilingi pulau Togean, Waktu dan Informasi merupakan hal yang penting. Memperhitungkan jadwal kapal adalah kewajiban karena transportasi disana hanyalah kapal. Buatlah jadwal dengan matang jika waktu yang dimiliki untuk berkeliling Togean tidak banyak. Informasi penduduk setempat juga hal yang penting seperti perubahan jadwal kapal (saat aku mau pulang, kapal Gorontalo akan docking yang artinya tidak ada jadwal kapal selama 1 bulan sehingga beberapa orang yang berniat libur panjang terpaksa kembali pulang ke Gorontalo). Banyak faktor lain yang bisa membuat rencana awal berantakan, tapi mudah-mudahan selalu ada jalan lain menuju ke Togean. Selamat mencoba perjalanan baru yang akan membawa tantangan dan pengalaman yang tak terlupakan!

If you don’t know where you’re going, any road will get you there ~ Lewis Carroll

cindiltravel kapal togen 35

15 thoughts on “Sulawesi : Banyak Jalan Menuju Togean

1. aku kmrn paling demen stay di una una resort, tenang banget dan sunrise na bagus. salah satu destinasi yg patut dikunjungi, penginapan dan makan relatif murah, kapal juga terjadwal,sewa boat sendiri juga relatif terjangkau.

• Hai riri. Maksudnya di sanctum ya? Aku juga jatuh hati sama sanctum di luar itu staff dan penghuninya ramaaaaah semua. Nanti aku ulas per pulau deh ya 😊

2. kak.. cobaan paling terbesar dalam hidup itu adalah travelling ke daerah timur indonesia..
    bayangin, dari Aceh saya ke sana bisa berjam-jam dengan harga tiket yang gila haha
    #curcolPuasa

dari aceh ke Kl itu cuma 150 rb
    ke thailand cuma 450 rb 😀
    ke makassar? 2 jt :))

• Hai Yudi. Saya ke Aceh waktu itu Jkt – Medan naik pesawat lanjut ke Aceh pakai bus ke Sabang pakai kapal ferry. Temen share cost dari Balikpapan ke aceh caranya lebih unik lagi Balikpapan – KL – Aceh.

Macam-macam sih caranya buat sampai tujuan, tapi balik lagi ke niatnya 😂😂😂

Klo kata temen yang biasa bolang ke luar negeri, biaya jalan aku ke pedalaman Indonesia itu kadang sama kayak biaya trip beberapa negara asia, atau ke eropa.

Tapi klo bukan kita yang datang ke Indonesia, masa yang cerita tentang indahnya Indonesia malah turis luar yang jauh2 datang dari eropa (tiket mereka bisa 30jutaan loh) #CurcolKloNgetripIsinyaBuleSemua

3. ka, infonya lengkap. penting banget buat di-save hehe.
    bdw, untuk speed boat ampana-wakai-ampana itu bisa book gak ya? ada kontaknya ka? terus, untuk kapal keliling togean juga, kaka ada kontaknya gak? aku rencana 13-17 agustus tar ksana via luwuk. untuk nginep, mending di kadidiri ato sanctum ka, melihat lokasi dll nya? 🙂 makasih 😀

• Haiii NSK,

Terima kasih ya. Semoga infonya bisa membantu. Aku jawab satu-satu ya.

1. Speed boat ampana – wakai (hercules) bisa book tapi ga jamin kayaknya. Ibu ulfa :
      082292225106 / 085396105706

2. Kapal keliling Togean bisa contact yang aku pakai disana Pak Lamin no hp 081340452037.

3. Nginap mending di kadidiri atau di sanctum (una una)? Klo suka sepi dan menyendiri pilih ke sanctum, tapi jadwal kapal sulit dan hanya eksplore una una dan kadidiri mungkin. Klo nginap kadidiri bisa ekplore sampai malenge. Bisa coba ikut jadwal aku di post sebelumnya :

4. Pingback: Sulawesi : Mengejar Sunset di Pulau Papan - CINDILTRAVELCINDILTRAVEL

5. Dear Teams,

Mohon info berapa jauh /jam untuk menempuh dari Bandara Gorontaro ke pelabuhan P Togian ? dan jam /hari Ferry ke P Togian pp? Berapa Harga ?

Terima kasih, Mohon di email ke garbarata@gmail.com
    Pippie

• Dear Pippie,

Mohon maaf untuk jadwal dari Gorontalo saya kurang tahu, karena waktu itu via Ampana.
      Tapi setau saya, ada jadwal 2 kali dalmam seminggu.