Sulawesi : Mencari ubur-ubur tak menyengat di Danau Mariona


Danau Mariona adalah salah satu destinasi impianku di Kawasan Taman Nasional Togean karena di danau ini terdapat ubur-ubur tak menyengat! Para traveller dunia biasanya akan memilih pergi ke Pulau Palau, di Filipina untuk menikmati sensasi berenang dengan ubur-ubur tanpa takut tersengat. Tapi Indonesia patut berbangga karena terdapat beberapa danau yang terkenal dengan ubur-ubur tak menyengat yaitu Danau Kakaban di Kalimantan Timur, Misool di Raja Ampat dan Danau Mariona di Sulawesi Tengah. Makin cinta sama Indonesia. Aku percaya masih banyak danau di pedalaman Indonesia yang memiliki ubur-ubur tak menyengat. Walaupun pernah berkunjung ke Kakaban, rasanya mengunjungi Danau Mariona adalah sebuah kerinduan untuk kembali menari dengan ubur-ubur yang menggemaskan.

cindiltravel ubur ubur danau mariona togean 3

Awan mendung turun siang ini, kepulauan Togean telah dilimpahkan hujan sedari pagi. Kapal akhirnya bersandar di sebuah dermaga kayu kecil dan kami melanjutkan berjalan kaki sedikit ke jembatan kayu untuk mencapai Danau Mariona. Hutan mangrove mengelilingi danau sehingga air terlihat hijau gelap. Antara beruntung atau malah mengerikan, ternyata pengunjung Danau Mariona hanya ada kami saja o__O. Beruntung karena tentu saja kami bisa bebas berenang dengan tenang di danau yang luas tetapi juga membawa suasana mengerikan karena sangking sepinya dan dingin cuaca menjadikan wajah kelam di kedalaman danau. Berhubung air berubah menjadi dingin, akhirnya teman seperjalananku mengurungkan niat untuk turun. Aku memberanikan diri berenang sendirian ke tengah mencari ubur-ubur di danau air asin ini.

cindiltravel ubur ubur danau mariona togean 4

Baca juga ceritaku berenang dengan ubur-ubur di Kakaban disini

Bersusah payah berenang ke tengah danau ternyata membawa hasil, aku bertemu dengan aurelia aurita (ubur-ubur bulan) untuk pertama kalinya tanpa takut tersengat! Rasanya seperti melihat plastik putih bening yang tenggelam di hijaunya air danau, kaki ubur-ubur bulan berputar seperti menari-nari bahagia kemudian ia pun menghilang tenggelam ke dasar danau.

cindiltravel ubur ubur danau mariona togean 2

Ah rasanya sedih kembali ditinggal sendiri. Aku berenang kembali ke sana kemari mencari ubur-ubur, dan tak jauh aku melihat cassiopeia ornata (ubur-ubur terbalik) berwarna orange. Tak ingin ketinggalan momen bahagia, aku pun berenang menghampiri. Perasaan takut dengan danau yang luas hilang seketika melihat ubur-ubur yang gemuk seperti jelly ini menari bak balerina mengembangkan dan meluruskan kakinya dan bergoyang ke sana ke mari mencari kehangatan matahari.

cindiltravel ubur ubur danau mariona togean 1

Ternyata si ubur-ubur ini memang hobby mencari kehangatan, jadi tak heran kalau saat cuaca hujan mereka malah jarang terlihat dan lebih pilih tinggal di dasar danau dibanding kedinginan kena air hujan. Dududu… si ubur-ubur kayak manusia aja takut sakit gara-gara kena hujan 😛

Walaupun jumlah ubur-ubur yang muncul ke danau saat itu tak banyak, malah cenderung lebih sepi tapi hal itu tak membuat rasa bahagia-ku berkurang karena telah mengulang memori sensasi berenang bersama ubur-ubur tak menyengat.

Jadi, penasaran untuk berenang bersama ubur-ubur ? Ayo explore #Indonesia

cindiltravel ubur ubur danau mariona togean 6

Apa saja yang bisa dilakukan di Danau Mariona : Snorkeling tanpa menggunakan fin (kaki katak) dan sunscreen lotion, karena akan melukai dan merusak habitat ubur-ubur. Jangan memegang apalagi mengangkat ubur-ubur ke udara bebas.

Apa saja yang harus dibawa ke Danau Mariona : Makanan, snack, minuman, topi, baju renang.

Waktu yang baik mengunjungi Danau Mariona : Pagi dan siang karena ubur-ubur akan naik saat udara hangat.

 

6 thoughts on “Sulawesi : Mencari ubur-ubur tak menyengat di Danau Mariona

  1. Lho, kirain ubur-ubur nggak menyengat ini cuma ada di kakaban saja. Ternyata ada dimana-mana ya :O Baru pernah renang sama mereka di Kakaban doang nih~ berarti harus cobain yang ini juga yak 😀

    • Konon katanya danau ubur2 tak menyengat ini ada di beberapa pulau terpencil di Indonesia. Di pulau terpencil di Sulawesi Tengah yang aksesnya sulit juga ada *tapi ga mau kasih tau lokasinya aaaah. Di Labuan Bajo dan juga di Papua juga ada 4 danau ubur2 tak menyengat. Yuk kelilingi Indonesia biar bisa dilist satu-satu danau-nya 🙂 🙂 🙂

    • Yes, you can do it Dear!
      Cara menuju ke sana ga terlalu sulit masih ada public boat kok 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *