Kuliner Lombok : Sate Ikan Pusut Khas Tanjung yang Pedas Nan Gurih

sate ikan pusut tanjung lombok

Pulang dari Sendang Gile menuju Senggigi kita akan melewati daerah Tanjung. Sepanjang jalan di kiri dan kanan saat sore hari akan berjejer penjual makanan. Awalnya aku tidak mengetahui makanan apa yang mereka jual, tetapi semakin banyak tulisan di gerobak “Sate Ikan” dan aku berkesimpulan sate ikan adalah makanan khas daerah Tanjung. Di seberang SDN 1 Tanjung, salah satu gerobak penjual sate ikan dikerumunin orang-orang yang antri maka aku pun langsung berhenti dan ikut mengantri.

sate ikan pusut tanjung lombok 1

Sebenarnya aku tidak begitu suka dengan ikan tetapi karena penasaran, aku memesan 1 porsi saate dan 2 pepes. Sembari menunggu sate dan pepes ikan sedang dipanggang, aku bertanya kepada ibu-ibu penjual yang sedang menusukkan ikan ke kayu yang siap untuk dibakar di atas arang batok kelapa. Ternyata sate ikan ini dikenal dengan sebutan sate ikan pusut dan dicampur dengan bumbu berwarna kuning. Ibu yang berjualan menggunakan bahasa Sasak, jadi aku agak kesulitan ketika bertanya lebih detail mengenai ikan pusut dan bumbu yang ada di dalamnya.

sate ikan pusut tanjung lombok 2

Begitu sate dan pepes selesai dibakar maka sate disajikan menggunakan daun pisang. Begitu aku mencoba rasanya sate ikan pusut, aku langsung suka. Ikan terasa manis dan lembut, walaupun sedikit lengket tapi ikan ini memang segar. Jika harus mendeskripsikan isi bumbunya maka kira-kira berisi kunyit membuat warna sate ini kuning, jahe, kemiri, serutan kelapa dan cabai yang membuat rasanya manis dan pedas.

sate ikan pusut tanjung lombok 3

Sedangkan untuk pepes ikan pusut hanya membedakan cara memasaknya, yaitu sate langsung dibakar sehingga menimbulkan teksur yang kering di area daging ikan dan cara masak dipepes dan dibakar membuat teksur ikan menjadi lebih basah karena minyak ikan yang keluar dan mengendap di dalam daun pisang. Harga 1 porsi sate ikan berisi 10 tusuk yaitu Rp 10.000,- sedangkan 2 pcs pepes ikan seharga Rp 2.500,-. Sate dan pepes ikan pusut tidak hanya murah tetapi juga enak. Kuliner wajib dicoba saat datang ke Lombok Utara.

sate ikan pusut tanjung lombok 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *